PENGARUH HUKUMAN DALAM BENTUK BIMBINGAN JASMANI TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG

DERSI PURWANTI, NIM. 622017005 (2021) PENGARUH HUKUMAN DALAM BENTUK BIMBINGAN JASMANI TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622017005_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
622017005_BAB II_SAMPAI DENGAN BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (878kB)

Abstract

ABSTRAK Dersi Purwanti NIM 622017005. SKRIPSI dengan judul Pengaruh Hukuman Dalam Bentuk Bimbingan Jasmani Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Palembang. Rumusan dalam skripsi ini: Bagaimana pengaruh hukuman dalam bentuk bimbingan jasmani terhadap kedisiplinan siswa dalam belajar di SMK Muhammadiyah 1 Palembang? Bagaimana pelaksanaan hukuman dalam bentuk bimbingan jasmani terhadap kedisiplinan siswa SMK Muhammadiyah 1 Palembang? Solusi apa yang dapat mempengaruhi kedisiplinan belajar siswa SMK Muhammadiyah 1 Palembang 1 Palembang? Metode penelitian ini menggunakan data kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data dengan cara observasi adalah pengamatan dan pencatatan secara sistematik. Dokumentasi adalah data mengenai hal-hal yang berupa catatan, buku, surat kabar dan majalah. Wawancara adalah pengumpulan data dengan mengajukan pertanyaan kepada responden secara tatap muka. dan Angket adalah sejumlah pertanyaan yang tertulis yang digunakan untuk memperoleh informasi dari responden. Analisis data dalam penelitian ini pada intinya menggunakan analisis persentase untuk melihat hasil penelitian tersebut. Diberikannya hukuman dalam bentuk bimbingan jasmani adalah semata-mata untuk mendidik siswa supaya siswa berperilaku disiplin. Banyaknya kasus pelanggaran disiplin di sekolah menunjukkan pemahaman siswa terhadap tata tertib sekolah masih kurang, hal itu menjadi faktor penyebab kedisiplinan siswa. Hukuman dalam bentuk bimbingan jasmani membantu anak menyadari bahwa tindakan mereka memiliki konsekuensi, juga membantu anak bertanggung jawab terhadap perbuatannya sendiri. Kesimpulannya ialah pemberian hukuman yang berbentuk bimbingan jasmani di SMK Muhammadiyah 1 Palembang sangat bagus diterapkan , dengan adanya pengaruh negatif dan positif dapat mengetahui adanya perubahan kedisiplinan belajar siswa. Pelaksanaan hukuman yang diberikan guru kepada siswa seperti: hukuman, hadiah, pembiasaan, keteladanan, serta konsisten. Semua metode tersebut penerapannya saling terkait dan mendukung satu sama lain dalam membentuk kedisiplinan siswa. Adapun solusi yang dapat guru berikan kepada siswa agar siswa menjadi disiplin berupa: Lompat kodok, membersihkan halaman di lingkungan sekolah, dan lari. Bentuk hukuman tersebut dapat mempengaruhi kedisiplinan belajar siswa di kelas. Kata Kunci: hukuman jasmani, kedisiplinan, belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Dr.Ani Aryati, S.Ag.,M.Pd.i 2. Drs. Ruskam Sua’idi M.H.I
Uncontrolled Keywords: hukuman jasmani, kedisiplinan, belajar
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 22 May 2021 02:32
Last Modified: 22 May 2021 02:36
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16398

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.