TIARA KITA, NIM. 342016005 (2021) ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GANJIL MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X DI SMA NEGERI 4 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
342016005_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.....pdf Download (558kB) | Preview |
|
Text
342016005_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR....pdf Restricted to Repository staff only Download (393kB) |
Abstract
ABSTRAK Kita, Tiara. 2021. Analisis Kualitas Butir Soal Ujian Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran Biologi Kelas X Di SMA Negeri 4 Palembang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Program Sarjana (S1), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Dra. Hj. Aseptianova, M.Pd. (II) Erie Agusta, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Analisis Butir Soal, Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda, Efektivitas Pengecoh, Biologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal Ujian Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran Biologi Kelas X IPA 4 di SMA Negeri 4 Palembang Tahun Ajaran 2019/2020 yang ditinjau dari validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan efektivitas pengecoh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA 4 di SMA Negeri 4 Palembang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan program SPSS Versi 23.0 dan perhitungan manual dengan bantuan program Microsoft Excel 2016. Hasil dari penelitian menunjukkan: (1) Kualitas soal berdasarkan validitas, soal yang valid berjumlah 15 butir soal (30%) sedangkan soal yang tidak valid berjumlah 35 butir soal (70%), (2) Kualitas soal berdasarkan reliabilitas, dapat disimpulkan butir soal Ujian Akhir Semester ganjil mata pelajaran Biologi kelas X di SMA Negeri 4 Palembang Tahun Ajaran 2019/2020 memiliki koefisien reliabilitas yang cukup yaitu sebesar 0,677, (3) Kualitas soal berdasarkan tingkat kesukaran, butir yang tergolong sukar berjumlah 18 butir soal (36%), butir soal yang tergolong sedang berjumlah 24 butir soal (48%), dan butir soal yang tergolong mudah berjumlah 8 butir soal (16%), (4) Kualitas soal berdasarkan daya pembeda, butir soal yang memiliki daya pembeda sangat baik berjumlah 1 butir soal (2%), butir soal yang memiliki daya pembeda baik berjumlah 11 butir soal (22%), butir soal yang memiliki daya pembeda cukup baik berjumlah 17 butir soal (34%) dan butir soal yang memiliki daya pembeda jelek berjumlah 21 butir soal (42%), (5) Kualitas soal berdasarkan analisis efektivitas pengecoh, terdapat 34 (68%) butir soal memiliki efektivitas pengecoh sangat baik, 12 (24%) butir soal memiliki efektivitas pengecoh baik, 3 (6%) butir soal memiliki efektivitas pengecoh cukup baik, dan sebanyak 1 (2%) butir soal memiliki efektivitas pengecoh kurang baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: 1. Dra. Hj. Aseptianova, M.Pd. 2. Erie Agusta, S.Pd., M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Analisis Butir Soal, Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda, Efektivitas Pengecoh, Biologi. |
Subjects: | Administrasi Pendidikan > SMP dan SMA |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 04 May 2021 06:01 |
Last Modified: | 04 May 2021 06:01 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16249 |
Actions (login required)
View Item |