PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS STRATEGI MOTIVASI ARCS (ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION) PADA MATERI SISTEM IMUNITAS KELAS XI DI SMA YWKA PALEMBANG

Icha Depita, NIM. 342016027 (2021) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS STRATEGI MOTIVASI ARCS (ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION) PADA MATERI SISTEM IMUNITAS KELAS XI DI SMA YWKA PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342016027_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (741kB) | Preview
[img] Text
342016027_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (412kB)

Abstract

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) merupakan perangkat pembelajaran yang berisi lembar-lembar yang mencakup judul, petunjuk belajar, kompetensi, indikator, langkah kerja, serta tugas/kegiatan yang harus dikerjakan dalam peningkatan belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengembangan LKPD berbasis strategi motivasi ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Statisfaction) pada Materi Sistem Imunitas Kelas XI di SMA YWKA Palembang, 2) Kelayakan dari LKPD berbasis strategi motivasi ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) pada Materi Sistem Imunitas Kelas XI di SMA YWKA Palembang. Bahan ajar ini disusun dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model 4D yaitu tahap Pendefinisian, Perancangan, Pengembangan dan penyebaran. Instrumen penelitian yaitu lembar validasi dan lembar angket. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif Kuantitatif. Hasil penelitian sebagai berikut: 1) LKPD berbasis strategi motivasi ARCS pada matei sistem imunitas yang dikembangkan terdiri dari 17 lembar, yang di desain semenarik mungkin, 2) validasi dilakukan masing-masing dengan 3 validator. Validasi materi memperoleh total skor rata-rata yaitu 125 dengan interpretasi layak, validasi bahasa memperoleh total skor rata-rata yaitu 49 dengan interpretasi layak, validasi bahan ajar memperoleh total skor rata-rata yaitu 110 dengan interpretasi sangat layak. Berdasarkan hasil validasi dapat disimpulkan media pembelajaran yang dikembangan dikategorikan layak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Drs. Suyud Abadi, M.Si. 2. Rindi Novitri Antika, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: LKPD Berbasis Strategi Motivasi ARCS, Sistem Imunitas
Subjects: Biologi > Anatomi dan Morfologi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 03 May 2021 04:27
Last Modified: 03 May 2021 04:27
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16204

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.