PERANCANGAN ALAT PENANAM JAGUNG ERGONOMIS MENGGUNAKAN METODE NORDIC BODY MAP

vivin lestari, NIM. 152016029 (2020) PERANCANGAN ALAT PENANAM JAGUNG ERGONOMIS MENGGUNAKAN METODE NORDIC BODY MAP. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
152016029_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
152016029_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK PERANCANGAN ALAT PENANAM JAGUNG ERGONOMIS MENGGUNAKAN METODE NORDIC BODY MAP Vivin lestari Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Palembang E-mail : vivinlestari9@gmail.com Jagung adalah salah satu tanaman pangan penghasil karbohidrat di Sumatera Selatan. Sebagian besar warga Sumatera Selatan di Desa Bandarjaya Kecamatan Airsugihan merupakan petani jagung, namun pengerjaan penanaman bibit jagung masih dilakukan secara manual dengan alat bantu sebatang pohon kayu putih, alat bantu ini memiliki kelemahan yakni dapat mengakibatkan kelelahan otot. Penelitian ini bertujuan untuk merancang alat bantu yang dapat meminimalisir kelelahan otot tersebut dengan menggunakan metode Nordic Body Map (NBM). NBM merupakan tools berupa kuesioner yang paling sering digunakan untuk mengetahui ketidaknyamanan atau kesakitan pada tubuh. Hasil penelitian menunjukkan pada 15 responden dengan metode NBM menyatakan hasil 75% “sangat sakit” pada kondisi alat awal, dengan alat yang baru menghasilkan 21% “sakit”. Postur kerja yang tidak normal dapat menyebabkan operator mengalami Musculoskeletal Disorder (MsDs) artinya perancangan alat cukup baik dibandingkan alat penanam jagung secara manual yang memiliki kategori tinjau. Dengan begitu perancangan merupakan hasil dari tinjauan alat sebelumnya, dari desain yang dirancang petani akan mendapatkan banyak keuntungan baik dari segi material dan hasil akhir yang diminati. Kata kunci : : Ergonomi, Musculoskelatal Disorders (MSDs), Nordic Body Map,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Ir. Ahmad Ansori Masruri, M.T. 2. Masayu Rosyidah, S.T,.M.T
Uncontrolled Keywords: Ergonomi, Musculoskelatal Disorders (MSDs), Nordic Body Map,
Subjects: Industri > Alat-alat Rumah Tangga
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Fakultas Teknik
Date Deposited: 29 Apr 2021 03:11
Last Modified: 29 Apr 2021 03:11
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16144

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.