PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MATERI HIMPUNAN DI KELAS VII

RUKMALA, NIM. 332016027 (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MATERI HIMPUNAN DI KELAS VII. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
332016027_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
332016027_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Rukmala. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Materi Himpunan di Kelas VII. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing : (I) Dr. H. Muslimin Tendri, M.Pd., (II) Luvi Antari, M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa LKPD berbasis pendekatan CTL kelas VII MTs serta mengetahuhi efek potensial dari penggunaan LKPD yang telah dikembangkan terhadap hasil belajar peserta didik. Peserta didik sebagai salah satu komponen dalam pembelajaran memiliki karakter yang berbeda-beda dalam memahami dan menerima pelajaran yang disampaikan oleh guru. LKPD merupakan sarana pembelajaran yang dapat digunakan guru dalam meningkatkan keterlibatan atau aktivitas peserta didik dalam proses belajar mengajar. Pengaitan materi ke dalam kehidupan nyata membuat peserta didik akan memperoleh pengalaman dan tidak hanya dengan menghafal, sehingga akan memberikan pengetahuan yang bermakna bagi peserta didik untuk kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengembangkan LKPD berbasis CTL dengan mengaitkan Salah satu ayat dalam Al-Qur‟an pada pembelajaran matematika. Masalah penelitian ini (1) Bagaimana LKPD berbasis pendekatan CTL pada materi himpunan untuk peserta didik kelas VII yang valid dan praktis ? (2) Bagaimana efek potensial LKPD berbasis pendekatan CTL pada materi himpunan ?. Dua tahap besar dalam penelitian pengembangan yaitu : (1) preliminary (2) self Evaluation. Subjek dalam penelitian adalah peserta didik kelas VII MTs Etika Estetika semuntul yang berjumlah 23 peserta didik. Berdasarkan hasil analisis produk, diperoleh bahan ajar yang valid dan praktis. Valid terlihat dari hasil penilaian dari ahli (validator) materi oleh Dr. Refi Elfira Yuliani, S. Si.,M.Pd, karakteristik LKPD oleh Rieno Septra Nery, S.Si., M.Pd, dan Bahasa oleh Drs. Refson, M.Pd. Kepraktisan terlihat dari hasil penilaian peserta didik pada uji coba small group dimana peserta didik dapat menyelesaikan LKPD yang diberikan. Efek potensial dilihat dari hasil tes kemampuan akhir siswa. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan bahwa rata-rata nilai akhir peserta didik yaitu 84,78% yang berarti hasil belajar peserta didik tergolong dalam kategori baik. Maka, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis pendekatan CTL yang telah dikembangkan memiliki efek potensial terhadap hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. H. Muslimin Tendri, M.Pd. 2. Luvi Antari, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Contextual Teaching and Learning (CTL).
Subjects: Matematika > Ilmu Hitung
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 27 Apr 2021 04:01
Last Modified: 27 Apr 2021 04:01
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16107

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.