PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN SISWA KELAS X SMA YWKA PALEMBANG

Nurjanah, Nim. 342016010 (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN SISWA KELAS X SMA YWKA PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342016010_BAB I_DAFTAR PUSTAKA..pdf

Download (754kB) | Preview
[img] Text
342016010_BAB II_SAMPAI_BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan Menguji kelayakan LKPD berbasis inkuiri terbimbing. Penelitian dan pengembangan LKPD menggunakan model Borg & Gall yang terdiri dari 10 tahapan: tetapi pada pengembangan ini hanya menggunakan 3 tahapan karena pertimbangan waktu, yang ke-1 yaitu Research and information collecting (penelitian dan pengumpulan data melalui survei) termasuk dalam langkah ini antara lain studi literatur yang berkaitan dengan permasalahan yang dikaji, dan persiapan untuk merumuskan kerangka kerja penelitian, yang ke-2 yaitu Planning (perencanaan), termasuk dalam langkah ini merumuskan kecakapan dan keahlian yang berkaitan dengan permasalahan, menentukan tujuan yang akan dicapai pada setiap tahapan, dan jika mungkin/diperlukan melaksanakan studi kelayakan secara terbatas, yang ke-3 yaitu Develop preliminary form of product (pengembangan bentuk permulaan dari produk), yaitu mengembangkan bentuk permulaan dari produk yang akan dihasilkan. Termasuk dalam langkah ini adalah persiapan komponen pendukung, menyiapkan pedoman dan buku petunjuk, melakukan evaluasi dan uji kelayakan terhadap produk yang dikembangkan. Untuk mendapatkan data dilakukan dengan cara melakukan analisis kebutuhan yaitu dengan angket dan wawancara terhadap guru dan peserta didik. Setelah itu dilakukan uji validasi terhadap produk ini yang divalidatori oleh ahli 1 ahli validasi materi, 1 ahli validasi bahasa dan 1 ahli validasi bahan ajar dari hasil uji kelayakan pada produk ini mendapatkan hasil pada ahli bahan ajar 108 < 112 dinyatakan sangat layak , hasil ahli materi 80 < 106 ≤ 100 dinyatakan cukup layak dan hasil dari ahli bahasa 55,99 < 58 dinyatakan sangat layak. Diharapkan dengan adanya LKPD yang sudah dinyatakan layak agar dapat digunakan dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Drs. Suyud Abadi, M.Si. 2. Rindi Novitri Antika, S.Pd.,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik biologi dan model inkuiri terbimbing.
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 27 Apr 2021 06:24
Last Modified: 27 Apr 2021 06:24
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16032

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.