PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MEMBACA AL QUR’AN MELALUI METODE DRILL DI TAMAN PENDIDIKAN AL QUR’AN JAMI ISTITHO’AH KELURAHAN DUA PULUH ENAM ILIR PALEMBANG

DITA PEBRIYANTI, NIM. 62 2017019 (2021) PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MEMBACA AL QUR’AN MELALUI METODE DRILL DI TAMAN PENDIDIKAN AL QUR’AN JAMI ISTITHO’AH KELURAHAN DUA PULUH ENAM ILIR PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622017019 BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
622017019 BAB II SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (604kB)

Abstract

ABSTRAK Peranan guru Pendidikan Agama Islam cukup memiliki pengaruh yang besar dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Mereka yang memiliki kompetensi dalam mengajar, dimungkinkan akan mampu membangkitkan minat belajar peserta didiknya dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. Minat belajar dapat ditingkatkan melalui latihan konsentrasi. Metode drill adalah metode dalam pengajaran dengan melatih peserta didik terhadap bahan yang sudah diajarkan/ berikan agar memiliki ketangkasan atau ketrampilan dari apa yang telah dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk menambah pengetahuan siswa tentang pentingnya belajar ilmu tajwid terhadap hasil membaca Al – Qur’an dengan menggunakan metode drill di TPA Jami Istitho’ah Kelurahan 26 Ilir Palembang. Tujuan dari penelitian ini adalah agar siswa dapat memiliki keterampilan misalnya menghafal kata-kata dan dapat mempelajari ilmu tajwid dengan waktu yang singkat. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yang berlokasi di TPA Jami Istitho’ah Kelurahan 26 Ilir Palembang. Peneliti melakukan wawancara terstruktur maupun wawancara tidak terstruktur dengan narasumber (Guru Ilmu Tajwid) dengan didukung oleh data dokumentasi dan observasi secara langsung. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut : Pertama. Penerapan Metode Drill dalam Materi Ilmu Tajwid seorang guru harus menyiapkan materi sehari sebelum mengajar agar lebih mudah mengarahkan tujuan apa yang hendak dicapai dan berfungsi agar suatu materi pembelajaran dapat tersampaikan dengan mengharapkan keberhasilan dan tujuan tersebut. Kedua. Faktor Penghambat dalam Menggunakan Metode Drill Pada Saat Belajar Materi Ilmu Tajwid murid membutuhkan latihan terus menerus agar bisa memahami materi yang diberikan, yang masih kebingungan diberikan bimbingan secara perlahan – lahan dan diberikan contoh yang lebih banyak sehingga murid menjadi lebih memahami pembelajaran. Ketiga. Solusi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Minat Belajar murid, sering memberikan hadiah berupa nilai – nilai tambahan atas murid – murid yang dapat menjawab pertanyaan – pertanyaan yang diberikan oleh guru tersebut. Selain itu bisa memberikan motivasi untuk meningkatkan minat belajar serta penerapan hukuman guna untuk mendisiplinkan situasi agar mendapatkan pembelajaran yang efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Dr. Abu Hanifah, M.Hum. 2. Dr. Jamalludin S.Ag., M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Peranan, minat belajar, metode drill
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 22 May 2021 03:55
Last Modified: 22 May 2021 03:55
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/15918

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.