Hubungan Gaya Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Palembang

SEPTI EKA WAHYUNI, NIM. 332016020 (2021) Hubungan Gaya Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Palembang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
332016020_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
332016020_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Gaya belajar terdiri dari: gaya belajar Visual, gaya belajar Auditory dan gaya belajar Kinestetik. Ketiga gaya belajar ini akan mempengaruhi prestasi belajar siswa.Prestasi belajar merupakan hasil dari suatu kegiatan pembelajaran yang disertai perubahan yang dicapai seseorang (siswa) yang dinyatakan dalam bentuk symbol, angka, huruf, maupun kalimat sebagai ukuran tingkat keberhasilan siswa dengan standarisasi yang telah ditetapkan dan menjadi kesempurnaan bagi siswa baik dalam berpikir dan berbuat. Penelitian ini upaya untuk mengetahui apakah ada hubungan gaya belajar dengan prestasi belajar matematika siswa kelas XI SMK Muhammadvyah 1 Palembang. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 1 Palembang penulis mengumpulkan data menggunakan instrumen angket dengan google form/link untuk variabel bebas. Sedangkan variabel terikatnya dengan nilai rapor siswa. Data penelitian yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan rumus regresi sederhana dan dilanjutkan dengan rumus korelasi product moment dibantu program SPSS version 25.0 for windows. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa (1) variabel gaya belajar dari 35 responden diperoleh 10 siswa (28,57% ) yang kecenderungan gaya belajar Visual, 18 siswa (51.43%) kecenderungan gaya belajar Audio dan 7 siswa (20%) yang kecenderungan gaya belajar Kinestetik. Hal ini menunjukkan bahwa gaya belajar yang dominan dimiliki oleh siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Palembang adalah gaya belajar Audio.(2) terdapat 4 siswa (11,43%) memiliki prestasi belajar matematika berada pada kualifikasi amat baik, terdapat 29 siswa (82,86%) memiliki prestasi belajar matematika pada kualifikasi baik, terdapat 2 siswa (5,71%) memiliki prestasi belajar matematika cukup. Dengan demikian dari penelitian di atas menunjukkan bahwa hipotesis kerja (Ha) yang berbunyi: “ada hubungan gaya belajar dengan prestasi belajar matematika siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Palembang” diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. H. Muslimin Tendri, M.Pd. 2. Nyimas Inda Kusumawati, S.Si., M.Pd.
Subjects: Matematika > Analisis
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 08 Apr 2021 02:37
Last Modified: 08 Apr 2021 02:37
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/15625

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.