PENGARUH PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PENGAMALAN IBADAH SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG

farida indah lestari, NIM. 622017049 (2021) PENGARUH PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PENGAMALAN IBADAH SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622017049_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
622017049_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR(1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (807kB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PENGAMALAN IBADAH SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG Oleh Farida Indah Lestari NIM. 622017049 Pembelajaran pendidikan agama Islam dimaksudkan untuk dapat menghasilkan peserta didik yang selalu berupaya menyempurnakan iman, takwa, dan akhlak. Dan menekankan kepada aspek keseimbangan, keselarasan, dan keserasian antara hubungan manusia dengan diri sendiri, dan hubungan manusia dengan sesama manusia, hubungan manusia dengan diri sendiri, dan hubungan antara manusia dan alam sekitarnya. Pelajaran Pendidikan agama Islam di sekolah bertujuan untuk membekali siswa agar memiliki pengetahuan lengkap tentang hukum Islam dan mampu mengaplikasikan ritual-ritual ibadah yang benar menurut ajaran Islam sesuai dengan ibadah yang di praktekkan dan diajarkan oleh Rasulullah saw. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan (Field Research). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, observasi ini di gunakan untuk melihat keadaan wilayah dan masalah-masalah, sedangkan angket untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap pengamalan ibadah siswa, dokumentasi untuk mengumpulkan data sejarah sekolah, sarana dan prasarana, keadaan guru dan karyawan, dan keadaan siswa. Hasil dari penelitian yang penulis lakukan yaitu, populasi dalam penelitian ini seluruh siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 1 Palembang sebanyak 745 orang. Sedangkan untuk dijadikan sampel yaitu berjumlah 35 orang. Berdasarkan hasil analisis data pembahasan dapat di simpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam dengan pengamalan ibadah siswa. Hal ini bisa dibuktikan dengan nilai rata-rata Variabel X Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam adalah 25,65. Variabel Y Pengamalan ibadah siswa adalah 22,57 sedangkan pengaruh Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap pengamalan ibadah siswa adalah rxy =0,371. Dan berpengaruh hipotesis berbunyi: Ada pengaruh Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap pengamalan ibadah siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 1 Palembang dapat diterima dan diterapkan. Kata kunci: Pengaruh Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam, Pengamalan Ibadah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Sri yanti S.Pd.,M.Pd 2. Nur Azizah S.Pd.I.,M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pengaruh Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam, Pengamalan Ibadah
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 07 Apr 2021 04:28
Last Modified: 07 Apr 2021 06:45
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/15602

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.