ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

RENI SAPUTRI, NIM. 332016006 (2020) ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
332016006_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (678kB) | Preview
[img] Text
332016006_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Saputri, Reni. 2020. Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Mateematika, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing : (1) Dr. H. Rusdy A Siroj. M.Pd., (2) Muslimin, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan data hasil dari tes TIMSS pada tahun 2007, 2011, dan 2015 menunjukkan bahwa hasil tes matematika siswa Indonesia masih dalam kategori rendah. Rendahnya hasil tes TIMSS matematika pada materi geometri pokok bahasan bangun ruang sisi datar, karena soal TIMSS memiliki indeks kesukaran tinggi dan bersifat kontekstual atau pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah pada materi bangun ruang sisi datar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif�kualitatif, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX di SMP Negeri 1 Talang Kelapa dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX.7 di SMP Negeri 1 Talang Kelapa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan nonprobability sampling dengan jenis purposive sampling. Data dikumpulkan dengan melakukan tes tertulis berupa soal uraian sebanyak 4 soal yang diambil dari soal OSN tahun 2014, 2016, dan 2018. Setelah dilakukan analisis pada hasil jawaban siswa, kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah pada materi bangun ruang sisi datar termasuk dalam kategori sangat kurang dengan persentase skor sebesar 11,27%. Persentase kemampuan siswa pada tahap memahami masalah sebesar 15,5% yang dikategorikan sangat kurang, tahap merencanakan penyelesaian persentase jawaban siswa sebesar 16,25% yang dikategorikan sangat kurang, tahap melaksanakan rencana persentase jawaban siswa sebesar 13,33% yang dikategorikan sangat kurang, dan pada tahap memeriksa kembali hasil diperoleh persentase sebesar 0%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Dr. H. Rusdy A Siroj, M.Pd 2. Muslimin, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, Bangun Ruang Sisi Datar
Subjects: Matematika > Analisis
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 07 Apr 2021 02:21
Last Modified: 07 Apr 2021 02:21
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/15519

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.