UPAYA GURU DALAM MENGHADAPI DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERILAKU SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI 148 GANDUS PALEMBANG

RODIATILLAH, NIM. 622017013 (2021) UPAYA GURU DALAM MENGHADAPI DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERILAKU SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI 148 GANDUS PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
RODIATILLAH 622017013_BAB I_ DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
RODIATILLAH 622017013_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (925kB)

Abstract

ABSTRAK Rodiatillah NIM 622017013, skripsi dengan judul Upaya Guru Dalam Menghadapi Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Negeri 148 Gandus Palembang, jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palembang Tahun 2021. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana upaya guru dalam menghadapi dampak penggunaan gadget terhadap perilaku siswa melalui pembelajaran pendidikan agama Islam, Apa saja dampak positif maupun negatif dari penggunaan gadget pada perilaku siswa, dan Bagaimana solusi dalam menghadapi dampak dari penggunaan gadget terhadap perilaku siswa di sekolah dasar negeri 148 gandus palembang. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data dan verifikasi/kesimpulan. Hasil penelitian skripsi ini yaitu: Pertama, Upaya yang di lakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam yaitu melarang siswa membawa gadget ke sekolah dan memberi sanksi ketika ada yang melanggarnya serta memberikan pendampingan,teguran terhadap siswa, memberi nasehat mengenai dampak penggunaan gadget diselah pembelajaran, menceritakan kisah atau cerita yang bisa dijadikan tauladan bagi siswa agar bisa membentuk perilaku siswa yang baik, menanamkan nilai-nilai ajaran islam kepada anak atau siswa agar tidak terpengaruh dari dampak negatif penggunaan gadget. kedua, dampak positif dari penggunaan gadget dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang menumbuhkan perilaku siswa dalam belajar lebih aktif, inovatif dan menyenangkan bagi siswa, dan lainnya. Sedangkan dampak negatif bagi perilaku siswa yaitu Menumbuhkan perilaku siswa malas dalam belajar, Penyalahgunaan gadget dapat membentuk perilaku buruk bagi siswa, Konsentrasi belajar siswa menurun dan perilaku konsumtif, Perilaku kekerasan dan bullying antar siswa. Ketiga, Solusinya orang tua dan guru harus saling kerja sama dalam menghadapi dampak dari penggunaan gadget terhadap perilaku siswa, Pemberian tanggung jawab kepada siswa dengan cara memberikan tugas atau PR di rumah, dan Pemberian sanksi atau hukuman yang bersifat mendidik apabila siswa masih melanggar di peraturan. Kata kunci: upaya guru, gadget, siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Purmansyah Ariadi, S.Ag., M.Hum. 2. Dr. Jamalludin, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: upaya guru, gadget, siswa
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 22 May 2021 03:17
Last Modified: 22 May 2021 03:17
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/15514

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.