PERANAN GURU DALAM MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM NURUL HUDA ULAK KEMBAHANG 1

Rizki Almubarok, 622017042 (2021) PERANAN GURU DALAM MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM NURUL HUDA ULAK KEMBAHANG 1. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622017042_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
622017042_BABII_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (482kB)

Abstract

Rizki Almubarok. 62. 2017. 042. “Peranan Guru Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama Yayasan Pendidikan Islam Nurul Huda Ulak Kembahang 1” Skripsi, Fakultas Agama Islam Jurusan Pendidikan Agama Islam Guru mempunyai peranan yang besar bukan hanya pada konsentrasi belajar anak, tetapi juga pada sikap anak disekolah dan terhadap kebiasaan belajar pada umumnya. Berangkat dari permasalahan tersebut maka fokus masalah yang diambil dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana peranan guru agama islam dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswanya, 2) Apa faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa, 3) Bagaimana solusi mengatasi faktor penghambat guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, yaitu peneliti berangkat kelapangan untuk mengadakan pengamatan secara intensif, terperinci dan mendalam. pada kasus yang terjadi di Sekolah Menengah Pertama Yayasan Pendidikan Islam Nurul Huda. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interview, dan dokumentasi. Adapun upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan Konsentrasi belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Yayasan Pendidikan Islam Nurul Huda menunjukan bahwa: 1) Melakukan perencanaan yang baik dan matang, 2) Pengguna metode bervariasi, 3) Menggunakan sarana dan prasarana yang mendukung dengan baik, 4) Mengikuti pelatihan yang diselenggarakan sekolah maupun diluar sekolah, 5) Memotivasi siswa, 6) Mengadakan kegiatan-kegiatan keagamaan. Adapun faktor pendukungnya: 1) Metode pengajaran yang sesuai, 2) Lingkungan sekolah, 3) Banyaknya siswa bisa membaca tulisan arab,. Adapun faktor penghambatnya: 1) Kurangnya jam pelajaran agama,2) Kurangnya minat belajar agama, ,3) Perbedaan latar belakang pendidikan,4) Fasilitas kurang memadahi. Adapun solusi penghambat 1). Pertambahan jam pelajaran dan berusaha untuk meningkatkan pengetahuan melalui kursus 2). Guru diharapkan mampu membuat alat belajar yang edukatif sehingga minat belajar siswa meningkat seperti penanyang video. 3) menerapkan metode pembelajaran yang tepat sesuai dengan mata pelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peranan Guru, Konsentrasi Belajar, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 08 Oct 2021 05:28
Last Modified: 08 Oct 2021 05:28
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/15442

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.