PENGARUH PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK TERHADAP KARAKTER SISWA KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN ASSALAM AL- ISLAMY SRI GUNUNG SUNGAI LILIN MUSI BANYUASIN SUMATERA SELATAN

NURMAYUNITA, NIM. 622017016 (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK TERHADAP KARAKTER SISWA KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN ASSALAM AL- ISLAMY SRI GUNUNG SUNGAI LILIN MUSI BANYUASIN SUMATERA SELATAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622017016 BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (716kB) | Preview
[img] Text
622017016 BAB II_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (801kB)

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran Aqidah Akhlak termasuk faktor penting kaitannya dengan pendidikan anak. Kemunduran siswa disekolah sering disebabkan oleh keadaan pembelajaran di sekolah. melalui pembelajaran aqidah akhlak maka akan sangat membantu anak dalam pembentuk karakter yang baik atau berakhlakul karimah. Pembelajaran aqidah akhlak sangat mempengaruhi karakter peserta didik, karena dengan mendidik karakter yang baik, maka peserta didik akan mengerti bagaimana cara untuk membina dan membimbing dirinya dalam kehidupan sehari-hari. Dari hasil pra survey menyebutkan bahwa masih ada peserta didik yang belum memiliki kepribadian yang baik dalam kehidupannya, padahal pada dasarnya mereka sudah diberikan pendidikan disekolahnya Baik buruknya pembelajaran aqidah akhlak turut mempengaruhi terhadap karakter siswa, karena sekolah ikut serta dalam pembentuk karakter seorang siswa, berdasarkan study penelitian di MTs Pondok Pesantren Assalam Al- Islamy. cpcp Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: adakah,pengaruh pembelajaran aqidah akhlak terhadap karakter siswa. Dalam penelitian ini dirumuskan bahwa karakter siswa memiliki ketergantungan terhadap pembelajaran akidah akhlak. Dari asumsi tersebut, maka diajukan suatu hipotesis bahwa “pembelajaran akidah akhlak harus diterapkan sebagai pondasi dasar siswa supaya menjadi manusia baik yang beriman dan beramal shaleh“.Untuk membuktikan hipotesis tersebut, di adakan penelitian dengan menggunakan metode kuantitatif, dan teknik pengambilan datanya dilakukan melalui observasi dan angket. Sedangkan tehnik analisis datanya melalui perhitungan rumusan statistik korelasi Product Momen Berdasarkan hasil analisis data di peroleh hasil bahwa : pada taraf signifikasi 5% diperoleh nilai r = (0,365 > 0,325).pada taraf signifikansi 1% rxy adalah lebih kecil pada r tabel (0,365 < 0,418), Berdasarkan rumus korelasi Product Moment terdapat positif sebesar 0,365 antara pengaruh pelaksanaan pembelajaran Aqidah Akhlak terhadap karakter siswa kata kunci : Pembelajaran aqidah akhlak, karakter siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Dra, Hj Yuslaini, M.Pd 2. Ayu Munawaroh, M.Hum
Uncontrolled Keywords: kata kunci : Pembelajaran aqidah akhlak, karakter siswa
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 21 Apr 2021 03:24
Last Modified: 21 Apr 2021 03:24
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/15404

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.