PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) PADA MATA PELAJARAN ISMUBA (AL-ISLAM, KEMUHAMMADIYAHAN DAN BAHASA ARAB) DI KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 4 PALEMBANG

RIZKA FADHILLAH, NIM. 622017057 (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) PADA MATA PELAJARAN ISMUBA (AL-ISLAM, KEMUHAMMADIYAHAN DAN BAHASA ARAB) DI KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 4 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622017057_BAB1_DAFTARPUSTAKA..pdf

Download (963kB) | Preview
[img] Text
622017057_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (794kB)

Abstract

ABSTRAK Penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD membantu guru dalam proses pelaksanaan pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui langakah-langkah pembelajaran cooperative learning tipe STAD. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD pada mata pelajaran ISMUBA di kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Palembang, faktor pendukung dan penghambat penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD, kelebihan dan kekurangan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pada pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian ini terdiri dari kepala SMA Muhammadiyah 4 Palembang, 2 orang guru dan 4 orang peserta didik. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Simpulan dari penelitian ini adalah SMA Muhammadiyah 4 Palembang menerapkan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD pada mata pelajaran ISMUBA di kelas XI, melalui penerapan langkah-langkah dari model pembelajaran cooperative learning tipe STAD yaitu (1) menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa, (2) menyajikan materi, (3) mengelompokkan peserta didik kedalam kelompok belajar, (4) membimbing dalam menyelesaikan latihan, (5) menyampaikan hasil diskusi kelompok, dan (6) memberikan penghargaan. Penerimaan terhadap perbedaan individu sudah baik dilihat dari peserta didik yang bisa bekerja sama dengan siapa saja. Pengembangan keterampilan sosial peserta didik sudah cukup baik dilihat dari cara peserta didik berdiskusi dan berkomunikasi. Faktor pendukungnya sendiri yaitu kompetensi guru yang baik, serta media pembelajaran yang memadai. Faktor penghambat dalam model pembelajaran ini yaitu perbedaan karakteristik antar peserta didik dan kurangnya peran orang tua/wali peserta didik. Kelebihan dari model pembelajaran ini adalah dapat meningkatkan pemahaman siswa, Sedangkan kekurangan model pembelajaran ini adalah kurangnya informasi atau materi dapat menghambat jalannya diskusi dan Apabila ada peserta didik yang berperilaku menyimpang maka akan mempengaruhi dan mengganggu peserta didik lainnya. Kata Kunci: Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD, Mata Pelajaran ISMUBA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. HELYADI, S.H., M.H 2. ZULKIPLI, S.Ag., M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD, Mata Pelajaran ISMUBA
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Metode dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 03 Apr 2021 02:46
Last Modified: 03 Apr 2021 02:46
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/15386

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.