ANALISIS POSTUR KERJA MENGGUNAKAN RAPID UPPER LIMB ASSESSMENT (RULA) DAN RAPID ENTIRE BODY ASSESSMENT (REBA) (Studi kasus di UKM Fikri Koleksi)

Putra Pratama, NIM. 152016006 (2021) ANALISIS POSTUR KERJA MENGGUNAKAN RAPID UPPER LIMB ASSESSMENT (RULA) DAN RAPID ENTIRE BODY ASSESSMENT (REBA) (Studi kasus di UKM Fikri Koleksi). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
15 2016 006_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
15 2016 006_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK ANALISIS POSTUR KERJA MENGGUNAKAN RAPID UPPER LIMB ASSESSEMENT (RULA) DAN RAPID ENTIRE BODY ASSESSEMENT (REBA) Putra Pratama Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Palembang E-mail : putrappratama2@gmail.com Abstrak. Postur kerja merupakan pengaturan posisi tubuh saat melakukan suatu pekerjaan, postur kerja juga merupakan tolak ukur seberapa efektif seseorang melakukan pekerjaan. Postur kerja yang tidak alamiah dapat memberikan dampak resiko cedera pada tubuh pekerja. Aktivitas tenun songket di Fikri Koleksi masih dilakukan dengan cara tradisional, dilakukan dengan posisi duduk yang lama sehingga menyebabkan keluhan sakit pada punggung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi postur kerja dan memberikan saran perbaikan prinsip kerja pada penenun songket di UKM Fikri Koleksi Palembang. Penelitian dilakukan melalui tahapan sebagai berikut: Mengetahui skor, level skor dan tindakan dengan metode RULA, Mengetahui skor, level skor dan tindakan dengan metode REBA, Memberikan saran terhadap risiko ergonomi pada pekerja. Hasil perhitungan RULA dan REBA adalah untuk postur 1 dan postur 2 berada di level skor kecil yang artinya tidak segera memerlukan perbaikan dan untuk postur 3 dan postur 4 berada di level skor sedang yang artinya memerlukan perbaikan segera. Adapun saran yang diberikan adalah dengan memberikan sadaran punggung pada bagian belakang alat tenun dan memberikan saran untuk melakukan perenggangan sebelum atau pun setelah melakukan pekerjaan. Kata kunci : Postur Kerja, RULA, REBA, Penenun Songket

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Ir. A. Ansyori Masruri, M.T 2. Merisha Hastarina, S.T,.M.Eng
Uncontrolled Keywords: Postur Kerja, RULA, REBA, Penenun Songket
Subjects: Industri > Pabrik-pabrik (Manufactures)
Industri > Tekstil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Fakultas Teknik
Date Deposited: 29 Mar 2021 06:20
Last Modified: 29 Mar 2021 07:11
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/15288

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.