STRATEGI PEMASARAN PEDAGANG PASAR TRADISIONAL DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS PASAR SUMBER REZEKI KECAMATAN SUNGAI LILIN MUBA)

LATIF LATUN NIKMAH, NIM. 642017018 (2021) STRATEGI PEMASARAN PEDAGANG PASAR TRADISIONAL DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS PASAR SUMBER REZEKI KECAMATAN SUNGAI LILIN MUBA). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
642017018_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
642017018_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)

Abstract

Bisnis dalam dunia perdagangan merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Setiap manusia memerlukan harta dan kekayaan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Pasar sebagai pusat kegiatan ekonomi yang mendorong dan memperlancar kegiatan yang bersifat ekonomi bagi masyarakat. Keragaman para pedagang dan beberapa faktor yang mendasari baik dari intern maupun ekstren menjadikan perilaku dan strategi berdagang para pedagang yang berbeda-beda. Mulai dari mempromosikan barang, bonus, harga diskon, potongan harga atau menjual barang dengan harga yang lebih murah. Pasar tradisional desa sumber rezeki merupakan salah satu pasar yang ada di kecamatan sungai lilin. Merupakan suatu tempat kegiatan sektor perdagangan dan jasa. Hal ini terbukti dengan eksistensi pasar yang memang masih digemari oleh para konsumen dan para tengkulak dari beberapa daerah. strategi yang dilakukan oleh para pedagang pada beberapa jenis barang dagangannya. Seperti pemberian potongan harga, dan bonus. Sehingga dikhawatirkan dapat menimbulkan penyimpangan strategi dalam berdagang. Seperti unsur penipuan, tidak jujur, merupakan hal yang dilarang dalam syariat Islam. Adapun metode penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian kualitatif dengan penelitian lapangan. Dalam penelitian ini yang memiliki sumber data asli sedangkan tehnik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi. Langkah terakhir dalam metode penelitian adalah analisa data. Dngan hasil peneitian: menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh pedagang pasar tradisional adalah adanya bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, dan promosi. Serta strategi yang belum sesuai adalah adanya pencampuran barang yang berkualitas baik dengan yang berkualitas biasa tanpa bersikap jujur mnerangkan perihal atau kondisi barang dagangannya. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Pedagang Pasar Tradisional Dan Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. M. Jauhari, S.E., M.Si 2. Hendri Nur Alam, S.E., M.Si
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Pedagang Pasar Tradisional Dan Ekonomi Islam
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 27 Mar 2021 07:59
Last Modified: 27 Mar 2021 07:59
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/15270

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.