LAPORAN TUGAS AKHIR PERANCANGAN PERKANTORAN PEMERINTAHAN KABUPATEN EMPAT LAWANG (KANTOR BUPATI,BAPPEDA DAN KOMINFO)

YUYUN SETIA PERMATA SARI, NRP. 142016032 (2021) LAPORAN TUGAS AKHIR PERANCANGAN PERKANTORAN PEMERINTAHAN KABUPATEN EMPAT LAWANG (KANTOR BUPATI,BAPPEDA DAN KOMINFO). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
142016032_BAB I_DAFTAR PUSTAKA....pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
142016032_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR....pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Perkantoran Pemerintahan Kabupaten Empat Lawang merupakan bangunan pemerintahan yang memiliki fungsi sebagai bangunan yang memfasilitasi segala kegiatan pemerintah serta mendukung kebijakan pembangunan dan pelayanan terhadap masyarakat yang ada di Kabupaten Empat Lawang. Mengingat keberadaan kantor yang masih tersebar diberbagai wilayah di Kabupaten Empat Lawang yang dianggap kurang efektif dan optimal dalam pelayanan, maka Pemerintahan Kabupaten Empat Lawang berencana untuk membangun Perkantoran Pemerintahan dalam satu kawasan. Sebagai bentuk kesungguhan, Pemerintah Empat Lawang telah menyiapkan lahan ± 73,59 Ha yang berlokasi di Jl.Poros Kabupaten Empat Lawang sebagai lahan perencanaan masterplan Perkantoran Pemerintahan Kabupaten Empat Lawang. Dalam Perancangan Perkantoran Pemerintahan Kabupaten Empat Lawang terdapat berbagai aspek yang berasal dari tema sustainable Architecture, yaitu dari segi Ekonomi, Ekologi dan Sosial. Penerapan pada Perancangan Perkantoran Pemerintahan Kabupaten Empat Lawang didasarkan pada data dan analisis kondisi eksisting Kawasan yang berada di kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang. Dari hasil perancangan masterplan yang berukuran ± 73,59 Ha dengan menggunakan pola sirkulasi grid pada massa bangunan, didapat 34 kavling perkantoran dan 7 Kavling penunjang seperti Masjid Raya, Rumah Dinas, IPAL dan Taman dimana masing-masing kavling berukuran ± 1,12Ha, Serta Kavling Kantor Bupati (termasuk pendopoan) berukuran ± 6 Ha.Dengan penataan dan pembagian massa bangunan didasarkan pada fungsi dan alur kerja Pemerintahan Kabupaten Empat Lawang. Perancangan ini hanya difokuskan pada bangunan Kantor Bupati yang memiliki luas bangunan ± 5.361,6 m², Pendopoan seluas ± 1.213 m², Kantor Bappeda dengan luas ± 2.547 m², serta Kantor Kominfo dengan Luas ± 2.805 m², dan total keseluruhan luas bangunan ± 11.926,6 m². Perancangan ini diharapkan dapat menjadi tempat berlangsungnya roda pemerintahan yang lebih efektif dan efisien, sekaligus menjadi pusat kegiatan sosial maupun ekonomi yang dapat meningkatkan kualitas kawasan Kabupaten Empat Lawang. Kata Kunci : Perkantoran Pemerintahan, Arsitektur Berkelanjutan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, Ramadisu Mafra, S.T., M.T.
Uncontrolled Keywords: Perkantoran Pemerintahan, Arsitektur Berkelanjutan
Subjects: Arsitektur > Aliran-aliran dan Gaya Arsitektur
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur (S1)
Depositing User: Fakultas Teknik
Date Deposited: 24 Mar 2021 03:55
Last Modified: 24 Mar 2021 03:55
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/15123

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.