PEMANFAATAN APLIKASI WHATSAPP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PEMBELAJARAN SISTEM GERAK MANUSIA DI SMA NEGERI 2 LAIS

Widianti, NIM. 342016034 (2021) PEMANFAATAN APLIKASI WHATSAPP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PEMBELAJARAN SISTEM GERAK MANUSIA DI SMA NEGERI 2 LAIS. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342016034_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
342016034_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (531kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh wabah virus COVID-19 sehingga penelitian ini dilakukan secara daring melalui aplikasi whtsapp pembelajaran dilakuan secara online. Peningkatan kualitas pembelajaran dengan cara menggunakan medel problem based learning (PBL) adalah model pengajaran yang bercirikan adanya permasalahan nyata sebagai konteks untuk peserta didik belajar berfikir kritis dan keterampilan memecahkan masalah dan memperoleh pengetahuan. LKPD adalah alat bantu untuk menyampaikan pesan kepada peserta didik yang digunakan guru dalam proses pembelajaran. Masalah dalam penelitian ini apakah dengan pembelajaran menggunakan aplikasi whatsapp dengan model problem based learning (PBL) dengan berbantuan LKPD berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI Semester I SMA Negeri 2 Lais tahun ajaran 2020/2021 pada materi sistem gerak manusia. Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen kuantittatif yang menggunakan rancangan penelitian eksperimen total sampling. Pengambilan sampel di SMA Negeri 2 Lais Kelas XI IPA. Hasil penelitian menunjukan bahwa model problem based learning berbantuan LKPD dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik T.A 2020/2021. Hal ini dapat dilihat dari mean (rata-rata) pada tes awal dan tes akhir. Mean tes awal yaitu 50,67 dan mean (rata-rata) pada tes akhir yaitu 84,78. Hasil uji t yaitu t–hitung 24,55 tingkat kepercayaan 0,05 yaitu batas bawah31,34 dan batas atas 36,89 jadi kesimpulan yang dapat diambil adalah bahwa Ha diterima artinya ada pengaruh penggunaan media whatsapp dengan model pembelajaran Problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem gerak manusia di SMA Negeri 2 Lais.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Dra. Hj.Aseptianova., M.Pd. 2. Hendra, S.Pd., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan aplikasi whatsapp, metode pembelajaran problem based learning (pbl) berbantuan lkpd, hasil belajar biologi.
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 24 Mar 2021 06:59
Last Modified: 24 Mar 2021 06:59
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/15099

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.