ANALISIS SOAL KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) PADA MATERI BIOLOGI DI SMA KOTA PALEMBANG

Jita Purnamasari, NIM. 342016040 (2021) ANALISIS SOAL KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) PADA MATERI BIOLOGI DI SMA KOTA PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342016040_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (734kB) | Preview
[img] Text
342016040_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (829kB)

Abstract

Keterampilan Proses Sains (KPS) merupakan kemampuan peserta didik dalam menerapkan metode ilmiah dalam memahami, mengembangkan sains serta menemukan ilmu pengetahuan. KPS sangat penting bagi setiap peserta didik sebagai bekal untuk menggunakan metode ilmiah dalam mengembangkan sains untuk memperoleh pengetahuan baru atau mengembangkan pengetahuan yang dimiliki. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persentase soal setiap indikator KPS pada materi biologi di SMA Kota Palembang. Metode penelitian mengunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan sampel mengunakan purposive sampling. Sampel yang digunakan soal ujian akhir semester (UAS) ganjil di SMA kota Palembang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes dan non tes. Instrumen non tes berupa lembar wawancara, lembar kuesioner, lembar observasi dan dokumentasi. Instrumen tes yang digunakan yaitu instrumen soal UAS ganjil kelas X yang dibuat oleh guru. Teknik analisis data mengunakan Teknik persentase. Hasil yang diperoleh dari analisis soal UAS ganjil tahun ajaran 2019/2020 di SMA Kota Palembang, terdapat 4 indikator KPS yang diterapkan pada instrumen soal dengan kategori kurang yang terdiri dari indikator mengamati/mengobservasi (6,32%), indikator mengelompokkan (18,02%), indikator meramalkan/prediksi (3,75%) dan indikator merencanakan percobaan (2,50%), sedangkan pada indikator menafsirkan, mengajukan pertanyaaan, berhipotesis, menerapkan konsep dan berkomunikasi (0%) dengan kategori kurang. Analisis soal KPS pada materi biologi di SMA Kota Palembang, dikategorikan kurang karena sekolah tersebut belum sepenuhnya membuat instrumen soal berbasis KPS dan soal yang dibuat rata-rata masih berada dibatas kognitif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. Sri Wardhani, M.Si. 2. Sulton Nawawi, S. Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Analisis, Biologi, Keterampilan Proses Sains (KPS)
Subjects: Administrasi Pendidikan > Pendidikan
Administrasi Pendidikan > SMP dan SMA
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 17 Mar 2021 07:51
Last Modified: 17 Mar 2021 07:51
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/15047

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.