PENGARUH EKSTRAK DAUN RUMPUT TEKI (Cyperus rotundus L.) TERHADAP MORTALITAS KECOA AMERIKA (Periplaneta americana) DEWASA

DEWI INDAH SARI, NIM. 342016037 (2021) PENGARUH EKSTRAK DAUN RUMPUT TEKI (Cyperus rotundus L.) TERHADAP MORTALITAS KECOA AMERIKA (Periplaneta americana) DEWASA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342016037_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (696kB) | Preview
[img] Text
342016037_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (656kB)

Abstract

ABSTRAK Sari, Dewi Indah. 2021. Skripsi. Pengaruh Ekstrak Daun Rumput Teki (Cyperus rotundus L.) Terhadap Mortalitas Kecoa Amerika (Periplaneta americana) Dewasa. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi. Program Sarjana (S1), Fakultas Keguruan dan Ilmu Penddikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Dra. Hj. Aseptianova, M.Pd (II) Hj. Ade Kartika, M.Si. Kata Kunci : Ekstrak Daun Rumput Teki (Cyperus rotundus L.), Mortalitas, Kecoa (Periplaneta americana) Dewasa. Kecoa merupakan salah satu hama pemukiman yang dapat berperan sebagai vektor penyakit yang paling umum ditemukan di tempat tinggal di seluruh dunia. Kecoa mempunyai perilaku mengeluarkan makanan yang baru dikunyah atau memuntahkan makanan dari lambungnya, karena sifat inilah mereka mudah menularkan penyakit pada manusia. Penyakit yang disebabkan oleh kecoa yaitu TBC, tifus, diare, asma, dan penyakit lainnya. Oleh karena itu, perlu adanya usaha pembuatan larvasida alami dan ramah lingkungan. Tumbuhan yang mudah di indikasi sebagai larvasida alami yaitu tumbuhan rumput teki (Cyperus rotundus L.) karena memiliki kandungan senyawa antioksidan maupun senyawa aktif berupa flavonoid, alkaloid dan tanin yang dapat memperhambat kerja sistem saraf dan pencernaan pada orga tubuh kecoa (Periplaneta americana). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekstrak daun rumput teki (Cyperus rotundus L.) terhadap mortalitas kecoa (Periplaneta americana) dewasa dan untuk mengetahui pada konsentrasi berapakah terjadi mortalitas tertinggi. Metode yang digunakan, metode eksperimen dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 5 perlakuan dan 4 kali pengulangan dengan konsentrasi 3%, 5%, 7%, dan 10%. Variabel bebas ekstrak daun rumput teki (Cyperus rotundus L.) sedangkan variabel terikatnya mortalitas kecoa (Periplaneta americana). Sampel menggunakan 60 ekor kecoa (Periplaneta americana). Hasil penelitian menunjukkan bahwa F hitung > F tabel 0,01 dan 0,05 yang berarti pemberian ekstrak daun rumput teki berpengaruh nyata terhadap mortalitas kecoa. Pada konsentrasi 10% terjadi mortalitas paling tinggi yaitu sebanyak 91,66 kecoa yang mati sedangkan pada konsentrasi 0% kecoa tidak mengalami kematian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Dra.Hj.Aseptianova, M.Pd. 2. Hj. Ade Kartika, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Ekstrak Daun Rumput Teki (Cyperus rotundus L.), Mortalitas, Kecoa (Periplaneta americana) Dewasa
Subjects: Biologi
Biologi > Invertebrata ( Hewan tak Bertulang Punggung)
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 22 Mar 2021 06:18
Last Modified: 22 Mar 2021 06:18
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/15046

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.