EFEKTIFITAS METODE DAKWAH BIL HAL DALAM MEMBENTUK KARAKTER ISLAMI REMAJA KOMPLEK GRIYA ASRI MANDIRI KELURAHAN KARYA BARU KECAMATAN ALANG-ALANG LEBAR PALEMBANG

PINA PRADINA PATMAWATI, NIM. 612016004 (2020) EFEKTIFITAS METODE DAKWAH BIL HAL DALAM MEMBENTUK KARAKTER ISLAMI REMAJA KOMPLEK GRIYA ASRI MANDIRI KELURAHAN KARYA BARU KECAMATAN ALANG-ALANG LEBAR PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
612016004_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf..pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
612016004_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pina Pradina Patmawati, 612016004, Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palembang. Penelitian ini berjudul “Efektifitas Metode Dakwah Bil Hal dalam Membentuk Karakter Islami Remaja Komplek Griya Asri Mandiri Kelurahan Karya Baru Kecamatan Alang-alang Lebar Palembang”. Adapun pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaiman pelaksanaan metode dakwah bil hal remaja komplek Griya Asri mandiri kelurahan Karya Baru kecamatan Alang-alang Lebar Palembang. (2) Apa saja kendala yang dihadapi metode dakwah bil hal remaja komplek Griya Asri mandiri kelurahan Karya Baru kecamatan Alang-alang Lebar Palembang. (3) Bagaimana efektifitas metode dakwah bil hal dalam membentuk karakter islami remaja komplek Griya Asri mandiri kelurahan Karya Baru kecamatan Alang-alang Lebar Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskritif kualitatif lapangan. Dalam hal ini sumber data yang dipakai oleh peneliti adalah data primer dan data sekunder. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan: observasi wawancara dan dokumentasi, kemudian data yang telah dikumpul di analisis menggunakan metode berpikir induktif. Penelitian ini dilatar belakangi bahwa dakwah menjadi misi abadi untuk sosialisasi nilai-nilai Islam dan upaya masyarakat sesuai fungsi Islam sebagai Rahmatan lilAlamii. Penelitian ini dilatar belakangi karena dakwah merupakan misi penyebaran islam sepanjang sejarah dan sepanjang zaman, Kegiatan tersebut dilakukan melalui lisan (bil-lisan), tulisan (bil-kitab), dan perbuatan (bil-hal) dan juga dilatar belakangi oleh adanya permasalahan yang terjadi di Komplek Griya Asri Mandiri Kelurahan Karya Baru Kecamatan Alang-alang Lebar Palembang, mengenai karakter Islami remaja yang dicerminkan oleh para remaja dalam kehidupan sehari-hari. Disimpulkan bahwa karakter Islami merupakan nilai-nilai perilaku manusia yang berhubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama manusia, lingkungan, dan kebangsaan yang terwujud dalam pikiran, sikap, perasaan, perkataan, dan perbuatan berdasarkan norma-norma agama, hukum, tata krama, budaya, dan adat istiadat. Penyampaian ajaran-ajaran Islam melalui metode dakwah Bil hal yang mengandung unsur mencontohkan, bimbingan, pendidikan, pengajaran atau nasihat-nasihat yang bisa dijadikan pedoman dalam kehidupan agar mendapatkan keselamatan dunia-akhirat. Karena itu metode dakwah Bil hal dapat mengarahkan, mengajak dan membentuk karakter islami remaja dan masyarakat komplek griya Asri mandiri kelurahan karya baru kecamatan alang-alang lebar palembang kearah yang lebih baik sesuai dengan tuntunan syariat Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Helyadi, S.H., M.H. 2. M. Jauhari, S.E., M.Si
Uncontrolled Keywords: metode dakwah bil hal dalam membentuk karakter islami
Subjects: Komunikasi Penyiaran Islam > Metode, media dan sarana dakwah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 08 Mar 2021 02:41
Last Modified: 08 Mar 2021 02:41
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/14959

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.