PERAN RUMAH TAHFIDZ EL FAJR DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI SAKO KENTEN PALEMBANG

RIA FITRIA, NIM. 612016085 (2020) PERAN RUMAH TAHFIDZ EL FAJR DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI SAKO KENTEN PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
612016085_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
612016085_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (843kB)

Abstract

Rumah Tahfidz adalah tempat yang menampung bagi mereka yang ingin menghafal Al-Qur’an dan belajar ilmu agama tidak begitu banyak di beberapa daerah terkhususnya di setiap desa memiliki wadah agar para masyarakat umumnya terkhususnya anak-anak yang menjadi bibit-bibit yang akan tumbuh di masadepan, haruslah memiliki pengetahuan yang lebih terkhususnya dalam agama dan memprioritaskan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup mereka. Maka dari itu Rumah Tahfidz El Fajr berdiri untuk mewadahi dan mendidik serta mencetak para penghafal Al-Qur’an yang akan menjadi penerus dakwah kepada setiap desa dan daerahnya masing-masing Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan bagaimana mengetahui peran Rumah Tahfidz El Fajr dalam pemberdayaan masyarakat di Sako kenten kota Palembang, (2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat terhadap pemberdayaan masyarakat di Sako Kenten Palembang, (3) Untuk mendeskripsikan Proses Pelaksanaan Pembelajaran Membaca Kitab Suci Al Quran di rumah tahfidz el fajr Secara Baik Dan Benar Terhadap Masyarakat Di Sako Kenten Palembang. Metode penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif untuk menganalisis data-data berupa kalimat atau kata. Jenis penelitian yang digunakan adalah bersifat studi kasus, karena peneliti melihat langsung masalah yang terdapat dalam lokasi dan memperhatikan keadaan yang diteliti. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan pengumpulan data, mereduksi data, penyajian data, dan penyajian kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peran Rumah Tahfidz dalam pemerdayaan Masyarakat yaitu dengan mengajak para Masyarakat sekitar agar termotivasi dalam menghafal Al-Qur’an dan belajar Agama dengan baik serta memberi tempat fasilitas bagi anak-anaknya untuk menghafal Al-Qur’an dan belajar Agama (2) Faktor pendukung jalannya pelaksanaan untuk pemerdayaan masyarakat yaitu respon dari masyarakat sekitar dengan baik serta mendukung segalah aktifitas serta proses pembelajaran. Faktor penghambatnya adalah dari para orang tua yang kurang dapat mengarahkan anak-anaknya untuk menghafal AlQur’an. (3) Proses pembelajaran yang di lakukan di Rumah Tahfidz El Fajr yaitu dengan cara atau metode yang telah di tetapkan sebagai kurikulum yaitu metode Tabarok dalam menghafal setra peroses pembelajaran yang lainnya yaitu Kajian tahsin, Kajian tahfidz, Kajian Fiqih, Tadarus Al-qur’an, Tafsir, Wisuda tahfidz dan tilawah Kata Kunci: Rumah Tahfidz, Pemerdayaan, Masyarakat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Idmar Wijaya, S.Ag., M.Hum 2. Dr. Rulitawati, S.Ag., M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Rumah Tahfidz, Pemerdayaan, Masyarakat
Subjects: Komunikasi Penyiaran Islam > Masyarakat dakwah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 06 Mar 2021 02:10
Last Modified: 06 Mar 2021 02:10
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/14950

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.