STRATEGI DAKWAH MENINGKATKAN SEMANGAT MASYARAKAT MEMBACA AL-QUR’AN DI DESA SUKAMORO BANYUASIN

ROBBI KURNIAWAN, NIM. 612016047 (2020) STRATEGI DAKWAH MENINGKATKAN SEMANGAT MASYARAKAT MEMBACA AL-QUR’AN DI DESA SUKAMORO BANYUASIN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
612016047_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
612016047_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (994kB)

Abstract

Majlis Taklim Masjid Al Furqon berusaha menjadikan jama’ah yang berkualitas serta mampu membaca al-Qur’an dengan lancar. Upaya Majlis Taklim Masjid Al Furqon dalam rangka mewujudkan perintah agama Islam. Majlis Taklim Masjid Al Furqon merupakan Sarana pendidikan diniyyah nonformal khususnya kaum muslimah atau ibu-ibu yang kegiatannya belajar ilmu pengetahuan agama Islam. Salah satu tujuan dari Masjid Al Furqon adalah Sebagai wadah untuk memperbanyak ilmu ajaran agama Islam yang dilakukan dengan berbagai kegiatan yang diikuti oleh para jama’ah. Masjid Al Furqon mempunyai berbagai strategi yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an jama’ah yang bertujuan agar para jama’ah dapat membaca al-Qur’an dengan lancar dan dengan waktu yang efektif dan serta efisien. Perumusan masalah yang peneliti ambil adalah bagaimana strategi dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an di Masjid Al Furqon Desa Sukamoro Kec Talang Kelapa Kab Banyuasun. Dengan tujuan untuk mengetahui strategi dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an yang digunakan Masjid Al Furqon untuk menjadikan para jama’ah yang berkualitas dan lancar dalam membaca al- Qur’an. Dalam Hal ini penulis menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif yaitu dengan melakukan penelitian yang mengasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Adapun jenis penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian Survey, pada penelitian ini penulis turun langsung kelapangan atau ketempat lokasi penelitian untuk mendapatkan data dari tempat tertentu yang alamiah (bukan buatan) dengan menggunakan metode pengumpulan data seperti wawancara, observasi, dan lain sebagainya. Sedangkan populasi dan sampel penelitian ini berjumlah 8 orang yang terdiri dari 4 orang pengurus dan 4 orang jama’ah Masjid Al Furqon. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa strategi dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an yaitu: 1. Menumbuhkan Kegemaran Atau Minat Jama’ah Dalam Membaca Al-Qur’an. 2. Mempercepat Pencapaian Kemampuan Jama’ah dalam Membaca al-Qur’an. 3. Memperbaiki Kualitas Bacaan Al-Qur’an Jama’ah. Kata Kunci: Strategi, Dakwah, Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Dr. Purmansyah Ariadi, S.Ag., M.Hum 2. Rijalush Shalihin, S.E.I., M.Hum
Uncontrolled Keywords: Strategi, Dakwah, Al-Qur’an
Subjects: Komunikasi Penyiaran Islam > Pendekatan dakwah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 06 Mar 2021 02:02
Last Modified: 06 Mar 2021 02:02
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/14949

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.