Hubungan antara Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Generasi Z dengan Kepatuhan Penggunaan Masker, Jaga Jarak, dan Cuci Tangan sebagai Upaya Pencegahan Penyakit Covid-19 pada Kegiatan Keagamaan di Rumah Ibadah Kota Palembang

Fatinah Fairuz Qonitah, NIM. 702017019 (2021) Hubungan antara Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Generasi Z dengan Kepatuhan Penggunaan Masker, Jaga Jarak, dan Cuci Tangan sebagai Upaya Pencegahan Penyakit Covid-19 pada Kegiatan Keagamaan di Rumah Ibadah Kota Palembang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img] Text
702017019_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
702017019_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-CoV-2) dilaporkan pertama kali di Kota Wuhan, Cina. Virus corona telah menyebar dengan cepat di hampir setiap negara termasuk Indonesia. Anjuran pemerintah sebagai pencegahan COVID-19 dapat dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker, jaga jarak, dan cuci tangan. Generasi Z merupakan generasi pertama yang sebenar-benarnya internet yang memiliki karakter menggemari teknologi, fleksibel, dan lebih cerdas serta dikenal sebagai generasi yang berpikiran global karena mereka menggunakan media sosial sebagai sumber informasi. Kepatuhan seseorang terhadap protokol kesehatan dapat dipengaruhi oleh faktor meliputi pengetahuan, sikap, dan perilaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan, sikap, dan perilaku generasi Z dengan kepatuhan penggunaan masker, jaga jarak dan cuci tangan sebagai upaya pencegahan COVID-19 dalam kegiatan keagamaan di rumah ibadah kota Palembang. Jenis penelitian ini analitik observasional dengan desain cross-sectional. Populasi penelitian ini adalah generasi Z yang melakukan kegiatan keagamaan di rumah ibadah yang telah memenuhi kriteria inklusi. Pengambilan sampel dengan metode cluster random sampling dan didapatkan 147 responden. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dan data sekunder dari Kementrian Agama kota Palembang. Hasil penelitian didapatkan hasil yaitu terdapat hubungan antara pengetahuan, sikap, dan perilaku generasi Z dengan kepatuhan penggunaan masker, jaga jarak dan cuci tangan dengan nilai p-value <0,05. Sedangkan hubungan antara perilaku generasi Z dengan kepatuhan jaga jarak didapatkan p-value >0,05 yang artinya tidak terdapat hubungan antara perilaku dengan kepatuhan protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan Covid-19 di Kota Palembang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Indri Ramayanti, S.Si, M.Sc 2. dr. Wieke Anggraini
Uncontrolled Keywords: COVID-19, pengetahuan, protokol kesehatan, tingkat kepatuhan
Subjects: Pendidikan Kedokteran > Penyakit pada Sistem Pernafasan
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Kedokteran
Date Deposited: 03 Mar 2021 04:47
Last Modified: 03 Mar 2021 04:47
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/14886

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.