PENGARUH PENGGUNAAN KACAMATA PELINDUNG TERHADAP TRAUMA MATA PADA PEKERJA BENGKEL LAS DI PLAJU DAN JAKABARING

NABILAH DWI NOPRIDA, NIM. 702017070 (2021) PENGARUH PENGGUNAAN KACAMATA PELINDUNG TERHADAP TRAUMA MATA PADA PEKERJA BENGKEL LAS DI PLAJU DAN JAKABARING. Skripsi thesis, Univeristas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
702017070_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
702017070_BAB II_SAMPAI_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (533kB) | Request a copy

Abstract

Era globalisasi menuntut pelaksanaan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di setiap tempat kerja termasuk di sektor industri informal. Bengkel las merupakan industri sektor informal. Bengkel las melayani konstruksi besi dan sejenisnya, biasanya berupa pagar atau pintu besi, teralis pengaman, rangka atap dan lain-lain. Tidak rutinnya pekerja las dalam memakai kacamata las mengakibatkan pekerja las dapat terpapar secara langsung oleh benda asing, percikan bunga api, sinar infra merah dan sinar ultra violet yang berdampak pada mata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan kacamata pelindung terhadap trauma mata pada pekerja bengkel las di Plaju dan Jakabaring. Jenis penelitian ini adalah observasional analitik desain cross sectional dengan menggunakan data primer dari pekerja bengkel las di Plaju dan Jakabaring dengan besar sampel sebanyak 30 sampel yang telah memenuhi kriteria inklusi. Sampel penelitian di ambil dengan cara total sampling. Hasil uji statistik didapatkan pengaruh penggunaan kacamata pelindung terhadap trauma mata pada pekerja bengkel las di Plaju dan Jakabaring P-value 0,001. Sehingga dapat di simpulkan bahwa terdapat pengaruh pada penggunaan kacamata pelindung terhadap trauma mata pada pekerja bengkel las di Plaju dan Jakabaring.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. dr. Hasmeinah, Sp.M 2. dr. Diani Wulan Dona
Subjects: Pendidikan Kedokteran > otologi dan audiologi
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Kedokteran
Date Deposited: 27 Feb 2021 07:20
Last Modified: 27 Feb 2021 07:20
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/14799

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.