HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN DENGAN PENGETAHUAN IBU RUMAH TANGGA TENTANG PAP SMEAR DI KELURAHAN 16 ULU PALEMBANG TAHUN 2020

DERRY NUANSA ILHAM, NIM. 702017021 (2021) HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN DENGAN PENGETAHUAN IBU RUMAH TANGGA TENTANG PAP SMEAR DI KELURAHAN 16 ULU PALEMBANG TAHUN 2020. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img] Text
702017021_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (865kB)
[img] Text
702017021_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (437kB)

Abstract

Kanker serviks merupakan keganasan yang berasal dari serviks. Serviks merupakan sepertiga bagian bawah uterus, berbentuk silindris, menonjol dan berhubungan dengan vagina melalui ostium uteri eksternum penyebab utamanya adalah adanya infeksi virus, yaitu oleh Human papillomavirus (HPV) terutama pada tipe 16 dan 18 . Pap smear merupakan suatu tes yang aman dan murah dan telah dipakai bertahun- tahun untuk mendeteksi adanya kelainan yang terjadi pada sel sel epitel serviks. Pengetahuan seseorang yang baik akan mempermudah seseorang melaksanakan pap smear sebaliknya pengetahuan seseorang yang kurang akan mempersulit seseorang untuk melaksanakan pap smear. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Pendidikan dengan Pengetahuan Ibu Rumah Tangga tentang Pap Smear di Kelurahan 16 Ulu Palembang Tahun 2020 Jenis penelitian ini adalah analitik dengan desain penelitian cross-sectional. Pengambilan sampel dengan metode Cluster random sampling dan didapatkan 125 sampel yang memenuhi kriteria inklusi. Uji hipotesis yang digunakan pada penelitian ini adalah Chi Square test. Dari analisis data didapatkan distribusi frekuensi tingkat pendidikan yang terbanyak adalah Tingkat pendidikan Menengah berjumlah 71 orang (53.6%). distribusi frekuensi tingkat Pengetahuan tentang pap smear didapatkan tingkat pengetahuan yang paling banyak diantara responden adalah cukup dengan 69 orang (55.2%). dan Hubungan Pendidikan dengan Pengetahuan Ibu Rumah Tangga tentang Pap Smear di Kelurahan 16 Ulu Palembang Tahun 2020 dengan nilai p-value = 0,00 Hal ini menunjukkan terdapat hubungan yang bermakna antara Tingkat pendidikan dengan Pengetahuan ibu rumah tangga tentang pap smear di kelurahan 16 ulu Palembang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1.dr. Asmar Dwi Agustine. Sp.OG 2.dr. Sheilla Yonaka Lindri, M.Kes
Uncontrolled Keywords: Pap smear, Pendidikan, Pengetahuan.
Subjects: Pendidikan Kedokteran > Kesehatan Masyarakat
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Kedokteran
Date Deposited: 25 Feb 2021 06:30
Last Modified: 25 Feb 2021 06:30
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/14504

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.