Persepsi Pelaksanaan Perkuliahan secara Daring pada Masa Pandemi COVID-19 oleh Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang

Barratush Febby Wulan, NIM. 702017085 (2021) Persepsi Pelaksanaan Perkuliahan secara Daring pada Masa Pandemi COVID-19 oleh Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
702017085_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf..pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
702017085_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB)

Abstract

Belajar adalah kebutuhan manusia karena dengan belajar seseorang dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan serta sikap yang semuanya itu berguna bagi dirinya maupun dalam kehidupan masyarakat. Metode pembelajaran terbagi menjadi dua yaitu pembelajaran dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring). Kebijakan terkait penyesuaian pembelajaran dari rumah dengan menggunakan metode pembelajaran daring harus dipertimbangkan secara matang mengingat terdapat capaian pembelajaran yang tidak boleh dilewatkan mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran umum terkait persepsi pelaksanaan perkuliahan secara daring pada masa pandemi COVID-19 oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang. Jenis penelitian ini adalah observasional deskriptif dengan menggunakan data primer dari mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang dengan besar sampel sebanyak 277 sampel. Sampel penelitian diambil dengan cara total sampling. Hasil data yaitu mendeskripsikan variasi seluruh varabel dengan cara membuat tabel distribusi frekuensi. Sehingga dapat disimpulkan mahasiswa setuju perkuliahan daring dapat diakses dengan mudah, mudah mengirimkan tugas, materi disajikan secara daring sesuai jadwal, dosen memberikan kesempatan bertanya dan berdiskusi, dosen selalu menemani perkuliahan secara daring dimulai hingga selesai, dosen menjelaskan sasaran dan tujuan belajar dalam setiap perkuliahan secara daring, kemudian terdapat tantangan yaitu mahasiswa menjawab ragu- ragu perkuliahan daring berjalan sesuai jadwal, perkuliahan daring berjalan tepat waktu, perkuliahan daring memberi kemudahan berinteraksi antara dosen dan mahasiswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. dr. Putri Zalika Laila Mardiah Kesuma, M. Pd. Ked 2. dr. Miranti Dwi Hartanti
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Belajar, persepsi mahasiswa, perkuliahan daring
Subjects: Pendidikan Kedokteran > Ilmu Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Kedokteran
Date Deposited: 27 Feb 2021 06:10
Last Modified: 27 Feb 2021 06:10
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/14478

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.