PERANAN MEDIA INFOKUS DALAM MENYAMPAIKAN DAKWAH DI RUMAH MAHIR AL-QUR’AN AZIZAH TEGAL BINANGUN PLAJU PALEMBANG

UMI MUKAROMAH, NIM. 612016121 (2020) PERANAN MEDIA INFOKUS DALAM MENYAMPAIKAN DAKWAH DI RUMAH MAHIR AL-QUR’AN AZIZAH TEGAL BINANGUN PLAJU PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
61.2016.121_BAB I _SAMPAI_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
61.2016.121_BAB II _SAMPAI_BAB AKHIR.pdf

Download (425kB) | Preview

Abstract

Media Infokus merupakan alat output yang berfungsi untuk menampilkan gambar atau visual hasil pemrosesan dan data komputer. Infokus memerlukan objek lain sebagai media penerima pancaran signal gambar yang dipancarkan melalui dinding putih, whiteboard ataupun kain atau layar putih yang dibentangkan dan media datar lainnya. Biasanya infokus digunakan untuk memaparkan materi dalam presentasi. Pokok masalah yang dirumuskan: Apakah media infokus dapat berperan dalam menyampaikan dakwah di Rumah Mahir Al-Qur’an Azizah Palembang, Apa saja faktor pendukung dalam menyampaikan dakwah di Rumah Mahir Al-Qur’an Azizah Palembang. Hal inilah yang melatar belakangi permasalahan pada skripsi ini. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang menggunakan metode deskripsi kualitatif yaitu pengamatan terhadap objek penelitian melalui observasi dan selanjutnya menganalisis objek menjadi pusat penelitian, berupa kata-kata yang tertulis atau lisan dari informal. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data skunder, data primer adalah data pokok penelitian yang bersumber dari responden langsung, yaitu guru-guru RMA Azizah Palembang, sedangkan data sekunder adalah data tambahan yang bersumber dari buku-buku referensi, internet, majalah, artikel, jurnal, dan situs-situs lainnya yang mendukung dalam penelitian ini. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peranan media infokus dalam menyampaikan dakwah di Rumah Mahir Al-Qur’an Azizah Palembang, untuk mengetahui faktor pendukung dakwah melalui media infokus di Rumah Mahir Al-Qur’an Azizah Palembang. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini adalah Para da’i diharapkan dapat menggunakan teknologi masa kini dalam menyampaikan dakwah. Terbukti dengan digunakannya media infokus di Rumah Mahir Al-Qur’an Azizah santri semakin hari semakin semangat menuntut ilmu. Penggunaan alat bantu ini sebagai alat penyampaian dakwah semakin menarik perhatian santri, karena terhitung masih langkah penggunaannya. Seorang da’i dalam menggunakan infokus sebagai media dakwahnya ialah dengan menampilkan beberapa slide yang disertai bunyi, gambar serta video yang membuat pesan dakwah lebih menarik untuk diikuti oleh santri/pendengar. Penggunaan media infokus ini sangat efektif bagi da’i dalam menyampaikan dakwah, karena untuk menyampaikan sebuah pesan dakwah kita bisa tampilkan juga video-video tentang kisah kehidupan yang membuat haru seperti: Perjuangan Nabi Muhammad SAW menyampaikan risalah Al-Qur’an, gambaran hari akhir, gambaran neraka dan lain-lain sehingga mudah dipahami oleh santri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Palembang, 1. dra. Yuslaini, M. Pd 2. Fikri Juanda, S.E., M.Si
Uncontrolled Keywords: kata kunci: media infokus, dakwah
Subjects: Komunikasi Penyiaran Islam > Komunikasi dakwah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 24 Feb 2021 06:04
Last Modified: 24 Feb 2021 06:04
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/14437

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.