EFEKTIVITAS DAKWAH DENGAN METODE MENTORING DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA SMP ISLAM TERPADU AL AFIF PALEMBANG

NURUL QOLBI, NIM. 612016097 (2020) EFEKTIVITAS DAKWAH DENGAN METODE MENTORING DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA SMP ISLAM TERPADU AL AFIF PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
612016097 _BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
612016097 _BAB II_SAMPAI_BAB AKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (431kB)

Abstract

ABSTRAK Mentoring secara umum merupakan kegiatan pendidikan dengan pendekatan saling menasihati. Idealnya kegiatan mentoring tidak hanya fokus pada bagaimana orang memberi nasihat, tetapi bagaimana orang mau mendengarkan nasihat. Dengan begitu akan tercipta suasana saling belajar yang menyenangkan sehingga dapat memberikan perubahan kearah yang lebih baik. Pokok masalah yang dirumuskan: Bagaimana pelaksanaan efektivitas dakwah dengan metode mentoring di SMP Islam Terpadu Al afif Palembang dan Apa Faktor pendukung dan penghambat efektivitas dakwah dengan metode mentoring di SMP Islam Terpadu Al afif Palembang. Hal inilah yang melatar belakangi permasalahan pada skripsi ini. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang menggunakan metode deskripsi kualitatif yaitu pengamatan terhadap objek penelitian melalui observasi dan selanjutnya menganalisis objek menjadi pusat penelitian, berupa kata-kata yang tertulis atau lisan dari informal. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, data primer adalah data pokok penelitian yang bersumber dari responden langsung, yaitu guru-guru dan Siswa SMP Islam Terpadu Al Afif Palembang, sedangkan data sekunder adalah data tambahan yang bersumber dari buku-buku referensi, data dokumentasi sekolah, data PTK, arsip dan cultur atau budaya SMP Islam terpadu Al Afif Palembang yang mendukung dalam penelitian ini. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Bagaimana pelaksanaan efektivitas dakwah dengan metode mentoring di SMP Islam Terpadu Al afif Palembang dan untuk mengetahui Apa Faktor pendukung dan penghambat efektivitas dakwah dengan metode mentoring di SMP Islam Terpadu Al afif Palembang. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini adalah pelaksanaan efektivitas dakwah dengan metode mentoring dalam pembentukan akhlak siswa berjalan dengan efektif.Faktor pendukung dakwah dengan metode mentoring dalam pembentukan akhlak siswa adalah mentor atau Murabbi, sarana prasarana dan lingkungan sedangkan faktor penghambatnya adalah waktu, kurangnya kedisiplinan siswa dan interaksi siswa yang berlebihan dengan media sosial. Kata Kunci: Efektivitas, Dakwah, Mentoring, Akhlak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Drs Antoni. M.H.I 2. Titin Yenni, S.Ag., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Efektivitas, Dakwah, Mentoring, Akhlak
Subjects: Komunikasi Penyiaran Islam > Komunikasi dakwah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 24 Feb 2021 06:11
Last Modified: 24 Feb 2021 06:11
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/14435

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.