ANALISISNILAI MORALNOVEL5 CM KARYA DHONNY DHIRGANTORO

Fitri Indah Sari, NIM. 312016006 (2020) ANALISISNILAI MORALNOVEL5 CM KARYA DHONNY DHIRGANTORO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312016006_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf....-dikonversi (1).pdf

Download (509kB) | Preview
[img] Text
312016006_BAB II_SAMPAI TERAKHIR.pdf.....-dikonversi (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Indah Sari, Fitri. 2020 Analisis Nilai Moral Novel 5 Cm Karya Donny Dhirgantoro. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing : (I) Dra. Hj. Listni, M.Pd., (II) Dr. Gunawan Ismail, M.Pd. Kata kunci : analisis, moral, novel. Latar belakang dalam penelitian novel 5 Cm karya Donny Dhirgantoro merupakan novel yang menggambarkan perjalanan lima sahabat yang merasa jenuh dengan persahabatan mereka, akhirnya mereka sepakat untuk tidak bertemu dan berkomunikasi selama tiga bulan, dan berfokus pada impian dan target masing-masing, setelah tiga bulan tersebut mereka reuni untuk bertemu dan melakukan perjalanan dengan memanjat gunung tertinggi di Pulau Jawa, Mahameru. Masalah dalam penelitian ini adalah apa sajakah nilai moral yang terdapat pada novel 5 Cm karya Donny Dhirgantoro. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis nilai moral novel 5 Cm karya Donny Dhirgantoro. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, dalam penelitian ini agar dapat mendeskripsikan analisis nilai moral novel 5 Cm karya Donny Dhirgantoro. Dengan menggunakan metode deskriptif, seorang peneliti sastra dituntut untuk menggunakan fakta-fakta secara terstruktur dengan cara memberi deskriptif. Dalam penelitian ini, metode penelitian kualitatif yang bersifat desriptif digunakan untuk mendeskripsikan analisis nilai moral novel 5 Cm karya Donny Dhirgantoro. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan nilai moral. Pendekatan nilai moral adalah pendekatan yang menelaah karya sastra dari segi nilai moral. Kajian nilai moral yang di bahas dalam penelitian ini yaitu nilai moral, hubungan manusia dengan Tuhan, hubungan manusia dengan manusia, hubungan manusia dengan diri sendiri, dan hubungan manusia dengan alam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Dra. Hj. Listini.,M.Pd. 2. Dr. Gunawan Ismail.,M.Pd
Uncontrolled Keywords: analisis, moral, novel.
Subjects: Bahasa Indonesia > Fiksi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 24 Feb 2021 06:24
Last Modified: 24 Feb 2021 06:24
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/14427

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.