Hubungan antara Pengetahuan dan Pendidikan Generasi X dengan kepatuhan Penggunaan Masker, Jaga Jarak dan Cuci Tangan Sebagai Upaya Pencegahan Penyakit Covid-19 pada kegiatan keagamaan Rumah Ibadah Kota Palembang

Siska Fitriani Putri, NIM. 702017024 (2021) Hubungan antara Pengetahuan dan Pendidikan Generasi X dengan kepatuhan Penggunaan Masker, Jaga Jarak dan Cuci Tangan Sebagai Upaya Pencegahan Penyakit Covid-19 pada kegiatan keagamaan Rumah Ibadah Kota Palembang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
702017024_BAB I_DAFTAR PUSTAKA -1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
702017024_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (582kB)

Abstract

Infeksi virus Corona disebut Covid-19 (Corona Virus Disease 2019) pertama kali ditemukan di Kota Wuhan, China pada akhir Desember 2019. Virus ini menular dengan sangat cepat dan telah menyebar ke hampir semua negara termasuk Indonesia dan terus terjadi peningkatan kasus sehingga terjadi suatu pandemi. Peningkatan ini terjadi akibat ketidakpatuhan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan seperti penggunaan masker, jaga jarak dan cuci tangan sebagai upaya pencegahan penyakit Covid-19 yang dimana virus Covid-19 akan lebih berbahaya atau bahkan fatal pada usia lanjut. Tujuan penelitian ini mengetahui hubungan antara pengetahuan dan pendidikan Generasi X dengan kepatuhan penggunaan masker, jaga jarak dan cuci tangan sebagai upaya pencegahan penyakit Covid-19 pada kegiatan keagamaan di Rumah Ibadah kota Palembang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu analitik observasional dengan desain cross- sectional. Populasi penelitian ini adalah Generasi X (kelahiran tahun 1930-1980) yang melakukan kegiatan keagamaan di Rumah Ibadah kota Palembang. Pengambilan sampel dengan metode cluster random sampling dan didapatkan 147 sampel yang memenuhi kriteria inklusi. Tingkat pengetahuan, pendidikan, kepatuhan penggunaan masker, jaga jarak dan cuci tangan diperoleh dengan menggunakan kuesioner didapatkan hasil terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan dan tingkat pendidikan dengan kepatuhan penggunaan masker, jaga jarak dan cuci tangan dengan nilai p-value (0,000) pada semua variabel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Indri ramayanti,S.Si, M.Sc 2. dr. Thia prameswarie, M.Biomed
Uncontrolled Keywords: Covid-19, Pencegahan, Usia, Virus Corona
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Kedokteran
Date Deposited: 24 Feb 2021 02:42
Last Modified: 24 Feb 2021 02:42
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/14385

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.