Hubungan Pengetahuan Ergonomi Kerja Terhadap Keluhan Musculoskeletal Disorders Pada Pekerja Harian Lepas Di Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kota Palembang

Ria Salsabila Ramadhani, NIM. 702017079 (2021) Hubungan Pengetahuan Ergonomi Kerja Terhadap Keluhan Musculoskeletal Disorders Pada Pekerja Harian Lepas Di Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kota Palembang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
702017079_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
702017079_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR-converted.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (576kB)

Abstract

Musculoskeletal Disorders (MSDs) merupakan masalah yang signifikan pada pekerja yang menyebabkan keluhan rasa nyeri, mati rasa, kesemutan, bengkak, kekakuan, tremor, gangguan tidur, dan rasa terbakar. Pekerja yang lebih memahami prinsip ergonomi kerja berisiko lebih rendah mengalami cedera. Jika pengetahuan ergonomi, sikap kerja dan masa kerja dikontrol dengan baik, maka risiko keluhan gangguan musculoskeletal dapat berkurang. Angka kejadian pada MSDs merupakan peringkat pertama di Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pengetahuan ergonomi kerja terhadap keluhan MSDs pada pekerja harian lepas. Jenis penelitian yang digunakan yaitu analitik observasional dengan desain cross-sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh pekerja harian lepas di Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kota Palembang. Pengambilan sampel dengan metode total sampling dan didapatkan 102 sampel yang memenuhi kriteria inklusi. Prevalensi yang didapatkan sampel dengan pengetahuan ergonomi kerja yang buruk sebanyak 33,3%, dan sampel dengan pengetahuan ergonomi kerja yang baik adalah sebanyak 66,6%. Prevalensi yang didapatkan sebanyak 73,5% memiliki risiko keluhan MSDs yang rendah, sebanyak 19,6% sedang, sebanyak 6,86% memiliki risiko MSDs yang tinggi, dan 0% responden dengan keluhan sangat tinggi. Tidak ada hubungan yang signifikan atau bermakna antara pengetahuan ergonomi kerja dengan keluhan MSDs pada pekerja harian lepas di Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kota Palembang dengan nilai p-value 0,964 (P>0,05).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. dr. Putri Rizki Amalia Badri, M.Km 2. dr. Indriyani, M.Biomed
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Musculoskeletal Disorders (MSDs), Pekerja Harian Lepas, Pengetahuan Ergonomi Kerja.
Subjects: Pendidikan Kedokteran > Anatomi Manusia
Pendidikan Kedokteran > Kesehatan Masyarakat
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Kedokteran
Date Deposited: 24 Feb 2021 03:51
Last Modified: 24 Feb 2021 03:51
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/14374

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.