HUBUNGAN ONSET DAN DURASI PENGGUNAAN KOMPUTER PADA PEGAWAI ADMINISTRASI RS A.K. GANI PALEMBANG DENGAN KEJADIAN COMPUTER VISION SYNDROME

Retno Aqilah Fatma Pertiwi, NIM. 702017072 (2021) HUBUNGAN ONSET DAN DURASI PENGGUNAAN KOMPUTER PADA PEGAWAI ADMINISTRASI RS A.K. GANI PALEMBANG DENGAN KEJADIAN COMPUTER VISION SYNDROME. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
702017072_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
702017072_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB)

Abstract

Gabungan gejala pada mata akibat penggunaan komputer ataupun gawai adalah Computer Vision Syndrome (CVS). CVS memiliki empat gejala mayor yaitu gejala astenopia, gejala yang berkaitan dengan permukaan okuler, gejala visual, dan gejala ekstraokuler. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan onset dan durasi penggunaan komputer pada pegawai administrasi RS A.K. Gani palembang dengan kejadian computer vision syndrome. Jenis penelitian ini menggunakan desain penelitian analitik observasional yang dengan pendekatan cross sectional dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari hasil kuesioner melalui googleform. Sampel penelitian ini diambil dengan cara total sampling dengan sampel sebanyak 59 sampel yang telah memenuhi kriteria inklusi dan ekslusi. Hasil uji statistik didapatkan bahwa Computer Vision Syndrome (CVS) berhubungan dengan onset penggunaan komputer ≥ 5 tahun dengan nilai p = 0,04 (p < 0,05) dan durasi penggunaan komputer dalam satu kali pemakaian ≥ 4 jam dengan nilai p = 0,004 (p < 0,05) pada responden. Pada penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara onset dan durasi penggunaan komputer pada pegawai administrasi RS A.K. Gani palembang dengan kejadian Computer Vision Syndrome (CVS).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. dr. H. Ibrahim, Sp.M (K) 2. dr. Vina Pramayastri
Uncontrolled Keywords: Computer vision syndrome, onset penggunaan komputer , durasi penggunaan komputer, pegawai administrasi.
Subjects: Pendidikan Kedokteran > oftalmologi
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Kedokteran
Date Deposited: 22 Feb 2021 02:47
Last Modified: 22 Feb 2021 02:47
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/14328

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.