HUBUNGAN USIA DAN LAMA KERJA DENGAN KELUHAN NYERI PUNGGUNG PADA PENGEMUDI OJEK DI DAERAH PLAJU PALEMBANG

MINI WULANDARI, NIM. 702017006 (2021) HUBUNGAN USIA DAN LAMA KERJA DENGAN KELUHAN NYERI PUNGGUNG PADA PENGEMUDI OJEK DI DAERAH PLAJU PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
702017006_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.....pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
702017006_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.....pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Muscoloskeletal Disoders (MSDs) masih menduduki posisi pertama pada masalah kesehatan yang dikaitkan dengan pekerjaan. Nyeri punggung merupakan salah satu keluhan muskuloskeletal yang paling sering dijumpai pada dunia pekerjaan salah satunya adalah pada pengemudi ojek. Banyak faktor yang dapat menyebabkan terjadinya keluhan nyeri punggung, diantaranya adalah usia, lama bekerja dan faktor pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan usia dan lama kerja dengan keluhan nyeri punggung pada pengemudi ojek di daerah Plaju Palembang. Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan desain cross sectional. Data diperoleh dari kuesioner Roland-Morris versi Bahasa Indonesia dengan beberapa pertanyaan tambahan mengenai usia dan lama kerja yang dibagikan kepada subjek penelitian. Sampel pada penelitian ini adalah pengemudi ojek di daerah Plaju Palembang yang diambil dengan metode Purposive Sampling dengan besar sampel 54 orang yang telah memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Hasil analisis statistik bivariat menggunakan chi-square disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara usia dan lama kerja dengan keluhan nyeri punggung pada pengemudi ojek di daerah Plaju Palembang (p<0,05). Kata Kunci : nyeri punggung, usia, lama kerja, pengemudi ojek

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. dr. Rury T. Oktariza, M.Si 2. dr. Otchi Putri Wijaya
Uncontrolled Keywords: nyeri punggung, usia, lama kerja, pengemudi ojek
Subjects: Pendidikan Kedokteran > penyakit pada tulang dan otot
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Kedokteran
Date Deposited: 20 Feb 2021 04:00
Last Modified: 20 Feb 2021 04:00
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/14295

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.