IDENTIFIKASI FAKTOR SOSIAL EKONOMI DAN LINGKUNGAN YANG BERHUBUNGAN DENGAN KERENTANAN TERHADAP COVID-19 DI KOTA PALEMBANG

Iffat Nabila Ikbar, NIM. 702017041 (2021) IDENTIFIKASI FAKTOR SOSIAL EKONOMI DAN LINGKUNGAN YANG BERHUBUNGAN DENGAN KERENTANAN TERHADAP COVID-19 DI KOTA PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img] Text
702017041_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (832kB)
[img] Text
702017041_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Coronavirus adalah keluarga besar virus yang berukuran kecil dengan diameter 65-125 nm. Penyebaran virus ini berasal dari orang ke orang, benda yang tercemar SARS-CoV-2 masuk kedalam mulut, saluran pernafasan, atau mata. Faktor Sosial yaitu tingginya tunawisma, lansia, penyakit komorbid, faktor Ekonomi yaitu kepadatan rumah tangga, kepadatan penduduk, pendapatan rendah, tingkat pendidikan rendah dan Lingkungan rentan terhadap Covid-19 yaitu pencemaran bahan kimia, polusi udara seperti asap rokok dan asap kendaraan, faktor utama adalah sirkulasi udara dalam suatu ruangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor sosial ekonomi dan lingkungan yang berhubungan dengan kerentanan terinfeksi Covid-19 di Palembang. Jenis Penelitian ini deskriptif dengan data sekunder dari dinas kesehatan, Litbangda, dan website Badan Pusat Statistik Kota Palembang yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Sampel yang digunakan adalah total sampling. Hasil dari penelitian yaitu jenis kelamin rentan terhadap Covid-19 adalah laki-laki. Untuk usia rentan yaitu usia produktif 20-44 tahun. Penyakit penyerta yang menyebabkan penderita meninggal tidak ada. Faktor wilayah yang resiko tinggi terjadi penularan yaitu daerah Ilir Barat Satu. Pekerjaan yang dominan di kota palembang beresiko rentan Covid-19 yaitu karyawan/pegawai. Penyakit komorbid di palembang dominan yaitu Hipertensi dengan kecamatan tertinggi penyakit tersebut yaitu Sukarami. Wilayah dengan kepadatan penduduk terbanyak yaitu Kecamatan Sukarami.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. dr. Ahmad Ghiffari, M.Kes 2. dr. Rista Silvana, Sp.OG
Uncontrolled Keywords: Rentan terhadap COVID-19, Faktor Sosial Ekonomi, Faktor Lingkungan
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Pendidikan Kedokteran > Penyakit pada Sistem Pernafasan
Q Science > QR Microbiology > QR355 Virology
Pendidikan Kedokteran > Kesehatan Masyarakat
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Kedokteran
Date Deposited: 22 Feb 2021 01:51
Last Modified: 22 Feb 2021 01:51
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/14289

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.