HUBUNGAN TUGAS KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DENGAN PEMAHAMAN GURU DALAM PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 3 SEKAYU

RIZKY WILLYANTI, NIM. 322016008 (2020) HUBUNGAN TUGAS KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DENGAN PEMAHAMAN GURU DALAM PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 3 SEKAYU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
322016008_BAB I_DAFTAR PUSTAKA...pdf

Download (659kB) | Preview
[img] Text
322016008_BAB II_SAMPAI TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (678kB)

Abstract

Willyanti, Rizky. 2020. Hubungan Tugas Kepala Sekolah sebagai Supervisor Dengan Pemahaman Guru dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di SMA Negeri 3 Sekayu. Skripsi, Program Studi Administrasi Pendidikan Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing : (I) Drs. H. M. Zalili Aziz, M.Pd, (II) Samsilayurni, S.Pd., M.Si. Kata Kunci : Kepala Sekolah, Supervisor, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Latar belakang penelitian ini yaitu masih adanya guru yang tidak paham dalam menyusun RPP dan juga sebagian guru yang terkadang sulit mengembangkan komponen dari RPP sehingga, ini menyebabkan guru menjadi malas. Malas dalam arti kata malas menyusun RPP dengan baik dan benar. Rumusan masalah dalam penel–itian ini adalah adakah Hubungan Tugas Kepala Sekolah Sebagai Supervisor dengan Pemahaman Guru dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di SMA Negeri 3 Sekayu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Tugas Kepala Sekolah Sebagai Supervisor dengan Pemahaman Guru dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di SMA Negeri 3 Sekayu. Populasi pada penelitian yaitu 30 guru sehingga semuanya dijadikan sampel penelitian. Teknik penelitian ini yaitu dengan menggunakan kuesioner dengan 25 pernyataan setiap variabel yang disebarkan pada 30 guru atau responden. Berdasarkan hasiil uji hipotesis menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara hubungan tugas kepala sekolah sebagai supervisor dengan pemahaman guru dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran di SMA Negeri 3 Sekayu. Dengan nilai korelasi person atau rhitung yaitu 0,656 > rtabel yaitu 0,361 dengan taraf signifikan 5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan tugas kepala sekolah sebagai supervisor dengan pemahamana guru dalam penyususuna rencana pelaksanaan pembelajaran di SMA Negeri 3 Sekayu. Saran untuk kepala sekolah dan guru untuk terus meningkatkan pemahaman dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Drs. H. M. Zalili Aziz, M.Pd 2. Samsilayurni, S.Pd., M.Si
Uncontrolled Keywords: Kepala Sekolah, Supervisor, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Subjects: Administrasi Pendidikan > SMP dan SMA
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 19 Feb 2021 03:46
Last Modified: 19 Feb 2021 03:46
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/14280

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.