PENGEMBANGAN MATERI AJAR BERBENTUK COMPACT DISC (CD) PADA PEMBELAJARAN DONGENG DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

SEPTIA FITRI, NIM. 312017015 (2021) PENGEMBANGAN MATERI AJAR BERBENTUK COMPACT DISC (CD) PADA PEMBELAJARAN DONGENG DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312017015_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (360kB) | Preview
[img] Text
312017015_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya pemanfaatan penggunaan media pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi dongeng karena materi dongeng merupakan salah satu materi pelajaran Bahasa Indonesia yang kurang menarik dan cukup dianggap materi yang kurang penting oleh sebagian besar peserta didik, sehingga pendidik perlu menciptakan inovasi dan kreativitas dalam meningkatkan semangat peserta didik untuk belajar. Dalam hal ini, penggunaan media pembelajaran dapat membantu pendidik dan peserta didik dalam mengoptimalkan proses pembelajaran. Pendidik perlu memilih media yang tepat agar media yang dipilih benar-benar sesuai dengan tingkat pemahaman, kemampuan berpikir logis, dan kondisi sosial peserta didik. Media yang dipilih oleh peneliti yaitu Compact Disc (CD). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Bagaimanakah analisis kebutuhan terhadap pengembangan materi ajar berbentuk Compact Disc (CD) pada materi dongeng kelas VII Sekolah Menengah Pertama? 2) Bagaimanakah validitas materi ajar berbentuk Compact Disc (CD) pada materi dongeng kelas VII Sekolah Menengah Pertama? Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan hasil analisis kebutuhan peserta didik terhadap pengembangan materi ajar berbentuk Compact Disc (CD) pada materi dongeng kelas VII Sekolah Menengah Pertama dan 2) Mendeskripsikan validitas materi ajar berbentuk Compact Disc (CD) pada materi dongeng kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Hasil dari penelitian ini disesuaikan dengan rumusan masalah sebagai berikut 1) pengembangan materi ajar berbentuk Compact Disc (CD) menggunakan pendekatan penelitian R&D (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Tetapi, peneliti hanya menerapkan 3 tahapan yaitu analisis, desain, dan pengembangan. Media ini divalidasi oleh 3 validator ahli dan uji kelompok kecil di SMP Daarul Aitam, 2) Kevalidan media pembelajaran Compact Disc (CD) dinilai berdasarkan uji kevalidan dilakukan oleh validator yaitu validator ahli materi dengan rata-rata persentase 90% (sangat layak), validator ahli media dengan rata-rata persentase 87.75% (sangat layak), validator ahli bahasa rata-rata persentase 83.3% (sangat layak), dan berdasarkan uji kelompok kecil dengan rata-rata persentase 98.71% (sangat layak).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Supriatini, S.Pd., M.Pd. 2. Surismiati, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: pengembangan, Compact Disc (CD), dongeng.
Subjects: Bahasa Indonesia > Bahasa (Terminologi) dan Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 15 Feb 2021 06:55
Last Modified: 11 Jan 2022 02:02
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/14177

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.