EVALUASI KESEHATAN KERJA PETUGAS KESEHATAN DI IGD RSUD PALEMBANG BARI TERHADAP WABAH COVID-19

Riska Nia Andriani, NIM. 702017045 (2021) EVALUASI KESEHATAN KERJA PETUGAS KESEHATAN DI IGD RSUD PALEMBANG BARI TERHADAP WABAH COVID-19. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
702017045_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (875kB) | Preview
[img] Text
702017045_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (648kB)

Abstract

COVID-19 (Corona Virus Disease 2019) merupakan penyakit yang diakibatkan oleh infeksi SARS-CoV-2. Tenaga kesehatan merupakan kelompok yang paling rentan terpapar virus ini dikarenakan adanya kontak langsung dengan orang yang terinfeksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kesehatan kerja petugas kesehatan di IGD RSUD Palembang BARI terhadap wabah COVID-19. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Penelitian ini menggunakan data primer dengan kuesioner. Sampel penelitian ini adalah petugas kesehatan di IGD RSUD Palembang BARI yang memenuhi kriteria inklusi dan tidak termasuk dalam kriteria ekslusi. Cara pengambilan sampel penelitian ini menggunakan total sampling dengan 50 sampel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa yang paling banyak ditemukan adalah karakteristik petugas kesehatan dengan usia antara 26-35 tahun, masa kerja >3 tahun dan lama kerja >8 jam, patuh menggunakan APD (alat pelindung diri) yang sesuai dengan rekomendasi WHO atau Kemenkes RI, jam kerja tetap, pendapatan yang tidak bertambah atau tetap, RT-PCR (Real Time Polymerase Chain Reaction) negatif, adanya rasa takut dan melakukan tindakan pencegahan terhadap COVID-19, serta motivasi kerja yang tidak rendah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa petugas kesehatan di IGD RSUD Palembang BARI patuh menggunakan APD (alat pelindung diri) yang sesuai dengan rekomendasi WHO atau Kemenkes RI serta motivasi kerja yang tidak rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. dr. Gunawan A. Tohir, Sp.B., MM 2. dr. Vina Pramayastri
Uncontrolled Keywords: COVID-19, penggunaan APD, motivasi kerja
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Kedokteran
Date Deposited: 10 Feb 2021 02:59
Last Modified: 10 Feb 2021 02:59
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/13990

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.