PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) DENGAN BANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS VII PADA MATERI CIRI-CIRI BENDA TIDAK HIDUP DAN MAKHLUK HIDUP DI SMP MUHAMMADIYAH 4 PALEMBANG

RIA ANGGRAINI, NIM. 342014145 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) DENGAN BANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS VII PADA MATERI CIRI-CIRI BENDA TIDAK HIDUP DAN MAKHLUK HIDUP DI SMP MUHAMMADIYAH 4 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342014145_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
342014145_BAB II_SAMAPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Ria Anggraini. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) dengan Bantuan LKPD terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Kelas VII pada Materi CiriCiri Benda Tidak Hidup dan Makhluk Hidup di SMP Muhammadiyah 4 Palembang., Program Sarjana (SI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. (1) Dr. Drs. Saleh Hidayat, M.Si., (II) Erie Agusta, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: pengaruh, model pembelajaran Think Talk Write (TTW), LKPD, kemampuan kognitif Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dengan bantuan LKS terhadap kemampuan kognitif siswa kelas vii pada materi ciri-ciri benda tidak hidup dan makhluk hidup di SMP Muhammadiyah 4 Palembang. Jenis metode dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Palembang berjumlah 3 kelas, sampel yang diteliti adalah kelas VII.1 sebagai kelas eksperimen dan VII.2 sebagai kelas kontrol. Hasil belajar kognitif siswa pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata tes awal sebesar 41% dan mengalami peningkatan rata-rata tes akhir sebesar 67%. Hasil belajar kognitif siswa pada kelas kontrol diperoleh rata-rata tes awal sebesar 28% dan pada tes akhir mengalami peningkatan sebesar 46%. Analisis data menggunakan independent sampel t-test untuk melihat pengaruh pendekatan saintifik diperoleh nilai 0,000 lebih kecil dari 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dengan bantuan LKS terhadap kemampuan kognitif siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Saleh Hidayat, M.Si 2. Eri Agusta, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: pengaruh, model pembelajaran Think Talk Write (TTW), LKPD, kemampuan kognitif
Subjects: Biologi > Ilmu Hewan
Biologi > Ilmu tentang Tumbuhan
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 03 Feb 2021 06:21
Last Modified: 03 Feb 2021 06:21
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/13974

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.