APLIKASI NILAI-NILAI ISLAM DENGAN METODE PEMBIASAAN DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG

Ahmad Humaidi, NIM. 622016005 (2020) APLIKASI NILAI-NILAI ISLAM DENGAN METODE PEMBIASAAN DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img] Text
622016005_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
622016005_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan yang baik adalah pendidikan yang tidak hanya mengutamakan aspek kecerdasan intelektual (IQ), tetapi juga mengedepankan aspek emosional (EQ) dan aspek kecerdasan spiritual. (SQ). Untuk mendapatkan kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual diperlukan aplikasi nilai-nilai, terutama nilai-nilai agama Islam. Proses mengaplikasikan nilai-nilai Islam menjadi sangat penting bagi siswa untuk dapat mempraktikkan dan membiasakan nilai-nilai agama dalam kehidupan. Di sini peneliti tertarik pada lembaga pendidikan Islam sekolah menengah pertama yang melakukan proses pembiasaan nilai-nilai Islam dengan cara yang terprogram. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui nilai-nilai agama Islam yang diaplikasikan melalui proses pembiasaan di SMA Muhammadiyah 1 Palembang, (2) untuk mengetahui mengapa nilai-nilai agama Islam diaplikasikan melalui pembiasaan tersebut. proses, (3) mengetahui bagaimana proses pembiasaan yang dilakukan di SMA Muhammadiyah 1 Palembang untuk dapat mengaplikasikan nilai-nilai agama Islam. Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan 3 metode dalam memperoleh data, yaitu observasi, wawancara dan juga dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Nilai-nilai agama Islam diaplikasikan melalui metode pembiasaan dalam keikhlasan, kesabaran, amanah, tawadhu dan istiqamah (2) nilai-nilai agama islam diaplikasikan di kehidupan sehari-hari dengan metode pembiasaan agar terbiasa (3) proses aplikasi nilai-nilai agama Islam menggunakan tiga tahap yaitu Tahap Transinformasi, Transkomunikasi, dan Transaplikasi Kata kunci: Aplikasi, Nilai-Nilai Islam, Proses Pembiasaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1.Abu Hanifah, M.Hum 2.Nur Azizah, S.Ag.,M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Aplikasi, Nilai-Nilai Islam, Proses Pembiasaan
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah
Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 27 Jan 2021 02:40
Last Modified: 27 Jan 2021 02:40
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/13957

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.