PERAN USTADZ DAN USTADZAH DALAM PEMBINAAN KARAKTER SANTRI TPA MASJID DARUSSA'ADAH KECAMATAN GANDUS PALEMBANG

PATIMAH, NIM. 612016060 (2020) PERAN USTADZ DAN USTADZAH DALAM PEMBINAAN KARAKTER SANTRI TPA MASJID DARUSSA'ADAH KECAMATAN GANDUS PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
612016060_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
612016060_BAB II_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Nama: Patimah NIM: 612016060 Skripsi ini mengungkapkan tentang Peran Ustadz dan Ustadzah dalam Pembinaan Karakter Santri TPA Masjid Darussa'adah Kecamatan Gandus Palembang. Yang menjadi pokok pembicaraan dalam penelitian ini adalah Peran Ustadz dan Ustadzah dalam Pembinaan Karakter Santri TPA Masjid Darussa'adah Kecamatan Gandus Palembang dan problematika yang dihadapi oleh para ustadz dan ustadzah dalam proses pembinaan karakter santri di TPA Masjid Darussa'adah Kecamatan Gandus Palembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Peran Ustadz dan Ustadzah dalam Pembinaan Karakter Santri TPA Masjid Darussa'adah Kecamatan Gandus Palembang dan problematika yang dihadapi oleh para ustadz dan ustadzah dalam proses pembinaan tersebut. Adapun jenis data yang digunakan dalam dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif dalam penelitian ini adalah data yang berhubungan dengan peran serta problematika yang dihadapi oleh ustadz dan ustadzah TPA Masjid Darussa'adah. Adapun data kuantitatif dalam penelitian ini adalah data yang berhubungan dengan jumlah, seperti jumlah populasi dan sampel. Sumber data dalam penelitian ini meliputi data primer yaitu santri TPA yang berjumlah 48 anak dan pengurus TPA yang berjumlah 5 orang yang merupakan responden di lapangan dan menjadi sumber wawancara. Sedangkan data sekunder yaitu berasal dari literatur-literatur yang berkaitan dengan peran ustadz dan ustadzah di TPA. Adapun teknik analisis data pada penelitian ini yaitu teknik analisis data kualitatif yang terdiri dari tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.a Hasil penelitian ini adalah: peran ustadz dan ustadzah dalam pembinaan karakter santri TPA dalam kategori baik dan cukup berpengaruh kepada santri TPA. Adapun problematika yang yang dihadapi ustadz dan ustadzah dalam proses pembinaan tersebut berasal dari berbagai faktor yaitu dari orang tua santri, dari ustadz dan ustadzah, dari para santri dan dari TPA Masjid Darussa'adah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Dr. Jamaluddin, S.Ag., M.Pd.I 2. Fikri Junanda, S.E., M.Si.
Uncontrolled Keywords: pembinaan karakter santri TPA
Subjects: Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 19 Jan 2021 04:28
Last Modified: 19 Jan 2021 04:33
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/13909

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.