STUDI EKSPERIMEN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSSING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI POLA BILANGAN DI SMP SANDIKA SUKAJADI

AKBAR HIDAYAT, NIM. 332016021 (2020) STUDI EKSPERIMEN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSSING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI POLA BILANGAN DI SMP SANDIKA SUKAJADI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
332016021_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (548kB) | Preview
[img] Text
332016021_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (494kB)

Abstract

Matematika merupakan salah satu komponen dari serangkaian mata pelajaran yang mempunyai peranan penting dalam dunia pendidikan. Pelaksanaan pembelajaran matematika di sekolah banyak mengalami kendala dan hambatan terutama pada pemahaman konsep materi pembelajaran Pola Bilangan. Hal ini disebabkan karena banyaknya anggapan bahwa matematika sulit, dengan anggapan itu akhirnya berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Oleh karena itu guru harus mampu menciptakan suasana belajar yang baik, misalnya penggunaan metode atau model serta teknik pendekatan yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah model pembelajaran problem possing. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran problem possing terhadap hasil belajar matematika materi pola bilangan di kelas VIII SMP Sandika Sukajadi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Sandika Sukajadi tahun ajaran 2020/2021 dengan sampel kelas VIII7 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII6 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan perhitungan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran problem possing yang berjumlah 37 siswa, diperoleh nilai rata-rata adalah x1 = 75,65 dan nilai standar deviasinya adalah s1 = 10,515 dan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran ekspositori yang berjumlah 35 siswa, diperoleh nilai rata-rata adalah x2 = 51,43 dan standar deviasinya adalah s2 = 8,524. Setelah datanya dianalisis, diperoleh nilai 10,700 dan 1,994. Ini berarti berada didaerah penolakan Ho, artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, hipotesis Ha yang menyatakan bahwa ada pengaruh yang berarti model pembelajaran problem possing terhadap hasil belajar matematika siswa materi pola bilangan di kelas VIII SMP Sandika Sukajadi, diterima kebenarannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Dr. H. A. Hussein Fattah, M.M. 2. Nyimas Inda Kusumawati, S.Si., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: problem possing, hasil belajar, pola bilangan.
Subjects: Matematika > Ilmu Hitung
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 16 Jan 2021 01:52
Last Modified: 16 Jan 2021 01:52
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/13876

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.