ANALISIS PENGARUH RASIO SERABUT DAN CANGKANG KELAPA SAWIT SEBAGAI BAHAN BAKAR PADA BOILER

Yudha Widaputra, Nim. 94217016 (2020) ANALISIS PENGARUH RASIO SERABUT DAN CANGKANG KELAPA SAWIT SEBAGAI BAHAN BAKAR PADA BOILER. Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
94217016_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
94217016_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Kebutuhan energi listrik merupakan kebutuhan utama bagi kehidupan manusia saat ini baik dari kalangan industri, perkantoran, maupun masyarakat umum. Beberapa perusahaan di wilayah Sumatera Selatan telah melakukan beberapa langkah untuk memenuhi kebutuhan tersebut dengan menyiapkan Pembangkit Listrik yang bersifat sumber listrik utama maupun hanya membackup daya listrik yang disuplai PT. PLN untuk kegiatan oprasional seperti pada PT. Transpasipic Argo Industry yang merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pengolahan minyak kelapa sawit. Perusahaan tersebut membangun PLTU yang memiliki kapasitas 1500 kVA / 1200 kW dengan menggunakan boiler sebagai tempat mengubah air dari fase cair ke fase uap. Cangkang dan serabut pada kelapa sawit adalah salah satu contoh bahan bakar padat yang digunakan pada Boiler. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui rasio campuran bahan bakar serabut dan cangkang pada kelapa sawit yang baik untuk digunakan pada boiler tersebut dan mengetahui nilai emisi gas buang pada boiler. Analisis ini menemukan bahwa nilai Low Heating Value terbaik pada rasio kombinasi yakni pada kombinasi 70% Serabut kelapa sawit & 30% Cangkang kelapa sawit dengan nilai 36072,47322 Kcal/Kg. Hal itu disebabkan karena semakin tinggi nilai LHV suatu bahan bakar semakin sedikit pula jumlah bahan bakar yang digunakan dan nilai efisiensi boiler terbaik yang didapat adalah 80,11 % dan hasil pengujian emisi gas buang pada boiler adalah baik karena masih dibawah batas baku mutu lingkungan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Ir. Elfidiah, M.T. Pembimbing 2 : Dian Kharismadewi, S.T., M.T., P.hD.
Uncontrolled Keywords: Boiler Serabut kelapa sawit, Cangkang kelapa sawit, Low Heating Value, Emisi gas buang.
Subjects: Kimia > Teknologi Kimia
Divisions: PPS Teknik Kimia (S2)
Depositing User: Mahasiswa Program Pascasarjana
Date Deposited: 16 Jan 2021 03:14
Last Modified: 16 Jan 2021 03:14
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/13874

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.