PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBINGTERHADAPKEMAMPUAN KOGNITIF SISWAKELAS VIII PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN DI SMP NEGERI 2 BANYUASIN I

ASIH APRIANI, NIM. 342014021 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBINGTERHADAPKEMAMPUAN KOGNITIF SISWAKELAS VIII PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN DI SMP NEGERI 2 BANYUASIN I. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342014021_BAB I_DAFTAR PUSTAKA...pdf

Download (747kB) | Preview
[img] Text
342014021_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Apriani, Asih. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri TerbimbingTerhadapKemampuan Kognitif SiswaKelas VIII Pada Materi Sistem Pencernaan Makanan di SMP Negeri 2 Banyuasin I, Program Studi Pendidika Biologi. Program Sarjana (SI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (1) Dr. Sri Wardhani, M.Si.(II) Eri Agusta, M.Pd., Kata kunci: Inkuiri Terbimbing,Kemampuan Kognitif Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap kemampuan kognitif siswa. Metode dan desain yang digunakan dalam penelitian adalah quasi eksperimen dengan non equivalent control group design. Sampel yang digunakan berjumlah 56 siswa kelas VIII yang diambil dari kelas VIIIC dan VIIID. Kelas VIIIC menjadi kelas eksperimen yang di beri perlakuan dengan menggunakan model Inkuiri Terbimbing dan kelas VIIID menjadi kelas kontrol yangmenggunakan metode ceramah. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t berpasangan dan uji-t tidak berpasangan. Berdasarkan hasil uji hipotesis independent sample t test, hasil belajar IPA memiliki nilai signifikasi sebesar 0,091 > 0,05, maka Ho diterima. Artinya tidak ada perbedaan antara kemampuan kognitif kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini dikarenakan 1) pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing hanya terbatas pada 2 kali pertemuan, hal ini menyebabkan pengajaran model inkuiri terbimbing tidak terlalu besar. 2) karakter psikologi siswa ternyata lebih suka jika diajarkan dengan metode ceramah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Sri Wardhani, M.Si. 2. Eri Agusta, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Inkuiri Terbimbing,Kemampuan Kognitif
Subjects: Biologi
Administrasi Pendidikan > SMP dan SMA
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 23 Dec 2020 04:38
Last Modified: 23 Dec 2020 04:38
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/13823

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.