PENGARUH MEMBACA CERITA PENDEK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH MASDARUL ULUM TELUK KECAPI KABUPATEN OGAN ILIR

Ziaul Haque, 622015034 (2020) PENGARUH MEMBACA CERITA PENDEK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH MASDARUL ULUM TELUK KECAPI KABUPATEN OGAN ILIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
622015034_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
622015034_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (661kB)

Abstract

ABSTRAKSI Media Cerita Pendek dapat menjadi variasi baru bagi pengembangan media dalam dunia pendidikan yang dapat menjadi alternatif bagi guru dalam melaksanakan proses pembelajaran yang menarik dan bermutu, sehingga materi yang akan disampaikan guru mudah diserap oleh siswa dengan baik, dan tentunya dapat meningkatkan hasil belajar yang optimal. Melihat penomena yang terjadi di Madrasah Tsanawiyah Masdarul Ulum Teluk Kecapi Kabupaten Ogan Ilir, media yang dipakai adalah media yang konvensional sehingga memungkinkan siswa tidak fokus dalam mengikuti proses pembelajaran, permasalahan dalam penelitian ini adalah pertama bagaimana hasil belajar sebelum penerapan membaca media cerita pendek dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi Dinasti Abbasiyah kelas VII.1 di Madrasah Tsanawiyah Masdarul Ulum Teluk Kecapi Ogan Ilir, kedua Bagaimana hasil belajar setelah penerapan membaca media cerita pendek pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII.1 di Madrasah Tsanawiyah Masdarul Ulum Teluk Kecapi Ogan Ilir. Ketiga, apakah penerapaan membaca media cerita pendek dapat berpengaruh dengan hasil belajar siswa Sejarah Kebudayaan Islam materi dinasti Abbasiyah kelas VII.1 di Madrasah Tsanawiyah Masdarul Ulum Teluk Kecapi Ogan Ilir, penelitian ini merupakan penelitian eksprimen yang menggunakan pre eksperimental design dengan jenis data yang digunakan jenis data yang kuantitatif serta menggunakan data primer dan sekunder.. Penelitian ini adalah penelitian eksprimen ( exprimental research) dengan design penelitian one group pre-test post test design. Tekhnik pengumpulan data digunakan dengan metode tes untuk mengetahui hasil belajar. Selanjutnya diolah dengan proses pemindahan data dalam bentuk tabel yaitu tabel frekuensi. Selanjutnya untuk menghitung pengaruh penggunaan membaca media cerita pendek dengan hasil belajar siswa menggunakan rumus tes “t”. Hasil belajar siswa sebelum penerapan membaca media cerita pendek pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam materi dinasti Abbasiyah kelas VII.1 di Madrasah Tsanawiyah Masdarul Ulum Teluk Kecapi Ogan Ilir. Dapat dianalisis terdapat tiga kategori, dari data yang diperoleh bahwa yang tergolong tinggi sebanyak 4 siswa (13,33 %) tergolong sedang sebanyak 6 siswa (20 %), dan tergolong rendah 20 siswa ( 66,67 %) . Hasil belajar siswa setelah penerapan membaca media cerita pendek pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi Dinasti Abbasiyah kelas VII 1., bahwa yang tergolong tinggi sebanyak 8 siswa (26,67 %), tergolong sedang sebanyak 16 siswa (53,33 %) dan tergolong rendah sebanyak 6 siswa (20 %). Hasil “t” hitung yang diperoleh sebesar 14,31. Sedangkan pada taraf signifikan 5 % sebesar (2,04) dan taraf signifikan 1 % sebesar 2,76. Karena t hitung lebih besar daripada t tabel, dengan demikian hipotesis Alternatif diterima yaitu 2,04 < 14,31> 2,76

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1.Mustofa, S.Ag., M.Pd.I 2. Dr. Ani Aryati, S.Ag.,M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Membaca, Siswa, Madrasah Tsanawiyah Masdarul Ulum.
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Metode dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 17 Dec 2020 04:40
Last Modified: 17 Dec 2020 04:40
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/13760

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.