MOTIVASI ORANG TUA MEMASUKAN ANAK KE SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) KAUTSAR ILMI TANJUNG RAJA SKRIPSI SARJANA

Zulkhoir, NIM. 622016026 (2020) MOTIVASI ORANG TUA MEMASUKAN ANAK KE SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) KAUTSAR ILMI TANJUNG RAJA SKRIPSI SARJANA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622016026_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
622016026_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Motivasi Orang Tua Memasukan Anaknya ke Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Kautsar Ilmi Tanjung Raja” ini ditulis oleh Zulkhoir dibimbing oleh Bapanda Azwar Hadi, S.Ag.,M.Pd.I dan Ibunda Ayu Munawaroh S.Ag., M.Hum Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh keterbatasan orang tua dalam memberikan pendidikan agama kepada anak yang dapat menyebabkan orang tua khawatir terhadap masa depan putra-putrinya akibat perkembangan zaman. Hal ini terlihat dengan banyaknya krisis moral dan akhlak pada diri anak dan maraknya pergaulan bebas yang terjadi di lingkungan sekitar. Sehingga orang tua mencari alternatif dengan memilih Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Kautsar Ilmi sebagai lembaga pendidikan anak untuk mendapatkan pendidikan agama sekaligus pendidikan umum. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Apa yang menjadi motivasi orang tua memasukan anaknya ke Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Kautsar Ilmi? (2) Bagaimana pandangan orang tua terhadap (SDIT) Kautsar Ilmi? (3) Faktor-faktor apa yang mempengaruhi motivasi orang tua memasukan anaknya ke (SDIT) Kautsar Ilmi? Adapun yang menjadi penelitiaan dalam hal ini adalah untuk mengetahui Motivasi Orang Tua Memasukan Anaknya ke (SDIT) Kautsar Ilmi. Dalam penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian analisis data menggunakan Deskriptif yang terkumpul berbentuk kata-kata, gambar, bukan angka-angka. Data yang diperoleh berupa transkip, interview, catatan lapangan, foto, dokumen pribadi dan lain-lain. Setelah penulis mengadakan penelitian dengan metode di atas, memperoleh hasil bahwa: (1) Motivasi orang tua memasukan anaknya ke Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Kautsar Ilmi yaitu karena (SDIT) Kautsar Ilmi memilki porsi pendidikan agama lebih banyak di banding sekolah umum, karena (SDIT) Kautsar Ilmi memilki kurikulum, visi dan misi yang di desin untuk mempelajari apa yang di perintahkan oleh Allah SWT. (2) Pandangan orang tua terhadap (SDIT) Kautsar Ilmi adalah sekolah yang memilki nuansa Islami, sekolah yang dapat mendidik karakter anak melalui pendidikan agama. (3) Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi orang tua memasukaan anaknya ke (SDIT) Kautsar Ilmi diantaranya adalah faktor internal dan faktor eksternal, alasan-alasan ini merupakan penemuan di lapangan melalui hasil wawancara dan observasi. Kata Kunci: Motivasi, Orang Tua, (SDIT) Kautsar Ilmi xi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Azwar Hadi, S.Ag., M.Pd.I 2. Ayu Munawaroh S.Ag., M.Hum
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Motivasi, Orang Tua, (SDIT) Kautsar Ilmi
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Metode dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 15 Dec 2020 07:11
Last Modified: 15 Dec 2020 07:11
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/13751

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.