EFEKTIVITAS METODE AL-BARQY TERHADAP KEMAMPUAN IBU-IBU DALAM MEMBACA AL-QUR’AN DI RUMAH QUR’AN NUR TAHFIDZ PALEMBANG

SEKAR ARRUM RAMADHANTI, NIM. 612016083 (2020) EFEKTIVITAS METODE AL-BARQY TERHADAP KEMAMPUAN IBU-IBU DALAM MEMBACA AL-QUR’AN DI RUMAH QUR’AN NUR TAHFIDZ PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
612016083_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
612016083_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Sekar Arrum Ramadhanti (NIM : 612016083), judul skripsi “Efektivitas Metode Al-Barqy Terhadap Kemampuan Ibu-Ibu dalam Membaca Al-Qur’an di Rumah Qur’an Nur Tahfidz Palembang”. Skripsi, Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palembang. Metode dalam pembelajaran sangat penting, karena metode adalah cara yang teratur dan terpikir baik-baik untuk mencapai maksud yang diinginkan. Dalam pembelajaran Al-Qur`an ada beberapa metode yang digunakan. Di rumah Qur’an Nur Tahfidz Palembang, pembelajaran Al-Qur`an mengggunakan metode Al-Barqy, karena metode Al-Baqry lebih dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur`an ibu-ibu dengan waktu yang relatif singkat. Adapun tujuan penelitian ini adalah : untuk mengetahui penerapan metode Al-Barqy di rumah Qur’an Nur Tahfidz Palembang, mengetahui kemampuan ibu-ibu dalam membaca Al-Qur’an, dan mengetahui efektifitas Metode Al-Barqy terhadap kemampuan ibu-ibu dalam membaca Al-Qur’an, di rumah Qur’an Nur Tahfidz Palembang. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah kualitatif dan kuantitatif .Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan sampel penelitian ini adalah 14 orang ibu-ibu di rumah Qur’an Nur Tahfidz Palembang. Setelah data terkumpul, diolah dan dianalisa dengan menggunakan rumus persentase. Berdasarkan pengolahan data dan analisis data. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif antara pembelajaran metode Al-Barqy terhadap kemampuan membaca al-Qur’an ibu-ibu di rumah Qur’an Nur Tahfidz Palembang. Kata kunci: Metode Al-Barqy, Kemampuan Membaca Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dra. Yuslaini, M.Pd 2. Hendri Nur Alam, S.E., M.Si
Uncontrolled Keywords: Metode Al-Barqy, Kemampuan Membaca Al-Qur’an.
Subjects: Komunikasi Penyiaran Islam > Metode, media dan sarana dakwah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 02 Dec 2020 02:38
Last Modified: 02 Dec 2020 02:38
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/13628

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.