PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT DENGAN MENGGUNAKAN ISPRING MATERI EKSPONEN DI KELAS X

INDAH NOVIA RIMAZH, NIM. 332016011 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT DENGAN MENGGUNAKAN ISPRING MATERI EKSPONEN DI KELAS X. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
332016011_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (553kB) | Preview
[img] Text
332016011_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Rimazh, Indah Novia. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint dengan menggunakan iSpring Materi Eksponen di Kelas X. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Drs. Sunardi, M.Pd. (II) Agus Supriadi, S.Si., M.Si. Kata Kunci: pengembangan, media pembelajaran PowerPoint, iSpring, eksponen. Di zaman sekarang ini proses pembelajaran dituntut untuk berkembang dengan inovatif. Salah satu upaya dalam memenuhi tantangan tersebut adalah dengan mengembangkan suatu media pembelajaran yang dapat membantu siswa memahami suatu materi. Masalahnya proses belajar di tempat peneliti melaksanakan penelitian, guru hanya memberikan tugas melalui aplikasi Whatsapp berupa foto berisi materi lalu menyuruh siswa untuk mencatat dan mengumpulkannya. Selain itu, pelaksanaan nya masih belum menggunakan tatap muka jarak jauh. Oleh karena itu, peneliti berupaya untuk mengembangkan media pembelajaran PowerPoint dengan menggunakan iSpring materi eksponen di kelas X. Penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran PowerPoint dengan menggunakan iSpring yang valid dan praktis serta mengetahui efek potensial dari penggunaan media pembelajaran yang dikembangkan terhadap hasil belajar siswa. Metode pembelajaran yang digunakan yaitu penelitian pengembangan (development research). Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPA 3 SMA Srijaya Negara Palembang yang berjumlah 28 siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh media pembelajaran yang valid dan praktis. Kevalidan terlihat dari hasil penilaian para ahli media, materi, dan bahasa. Kepraktisan terlihat dari hasil penilaian siswa pada tahap small group terhadap media pembelajaran PowerPoint dengan menggunakan iSpring yang dikembangkan. Berdasarkan data hasil analisis angket siswa pada tahap small group, media pembelajaran PowerPoint dengan menggunakan iSpring mendapatkan jumlah skor 205 dari jumlah total maksimal penilaian 240, yang dipresentasikan menjadi 85,42% dan dapat dikategorikan bahwa media pembelajaran PowerPoint dengan menggunakan iSpring yang dikembangkan praktis. Efek potensial dilihat dari hasil tes kemampuan akhir siswa. Dari hasil analisis data yang telah dilakukan bahwa rata-rata nilai akhir siswa yaitu 80,57 % yang berarti hasil belajar siswa tergolong kategori baik. Maka, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran PowerPoint dengan menggunakan iSpring yang telah dikembangkan memiliki efek potensial terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Drs. Sunardi, M.Pd. 2. Agus Supriadi, S.Si., M.Si.
Uncontrolled Keywords: pengembangan, media pembelajaran PowerPoint, iSpring, eksponen.
Subjects: Matematika > Ilmu Hitung
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 19 Nov 2020 01:21
Last Modified: 19 Nov 2020 01:21
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/13619

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.