PERANAN ISTRI TERHADAP KEBERHASILAN DAKWAH SEORANG SUAMI DI PESANTREN HIDAYATULLAH KECAMATAN RAMBUTAN

ANISATUL UMIROH, NIM. 612015094 (2020) PERANAN ISTRI TERHADAP KEBERHASILAN DAKWAH SEORANG SUAMI DI PESANTREN HIDAYATULLAH KECAMATAN RAMBUTAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
612015094_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
612015094_BAB II _SAMPAI _BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Jika melihat realita kebanyakan Istri menginginkan seorang suami yang memiliki penghasilan besar, namun sangat berbeda dengan tujuan dakwah yang diniatkan hanya untuk mendapatkan ridha Allah semata. Adanya peranan Istri dalam mendukung dan memberikan motivasi kepada suami menjadi bagian untuk mensukseskan dakwah Islamiyah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan istri terhadap keberhasilan dakwah seorang suami di Pesantren Hidayatullaah Kecamatan Rambutan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi data primer yakni pasangan suami istri yang berjumlah 15 pasang sebagai sample serta literatur pokok yang berhubungan dengan penelitian ini, Sedangkan data sekunder berupa dokumen-dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif, statistik deskriptif adalah statistik yang digunakan untuk menganalisis data dengan cara mendeskripsikan atau mengggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generalisasi, Adapun rumus yang digunakan ialah rumus persentase. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: Pertama. Peranan istri dalam rumah tangga di Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Rambutan adalah: Memberikan pelayanan seperti menyiapkan minum, makan, dan pakaian, selalu menjaga pandangan Suami dengan memelihara kebersihan diri sendiri, Anak-Anak, dan kebersihan serta keindahan rumah, membantu Suami dalam memberikan pendidikan bagi Anak-Anak. Kedua. Keberhasilan seorang suami dalam bedakwah baik secara internal maupun eksternal di Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Rambutan adalah:Pendidikan untuk santri menjadi anak yang sholeh dan sholehah, mencetak kader atau penerus dakwah Hidayatullah, kemajuan dalam membaca dan memahami Al-Qur‟an bagi masyarakat dengan metode Mengajar Belajar Al- Qur‟an (MBA). Ketiga. Peranan istri terhadap keberhasilan dakwah seorang suami di Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Rambutan adalah:Pemberian motivasi, pemberian dukungan dan dorongan saat dibutuhkan, mengingatkan suami saat khilaf atau lalai dalam ibadah, pemberian sambutan yang baik saat suami pulang dari tugas dakwah. Kata Kunci: Peranan, Istri, Dakwah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Dr. H. Suroso S.Ag., M.pd.I 2. Ayu Munawaroh S.Ag., M.Hum
Uncontrolled Keywords: Peranan,Istri,Dakwah
Subjects: Komunikasi Penyiaran Islam > Pendekatan dakwah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 18 Nov 2020 01:05
Last Modified: 18 Nov 2020 01:05
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/13587

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.