PERANAN USTADZ / USTADZAH DALAM MEMBIMBING AKHLAK ANAK-ANAK DI TPA AL-HIDAYAH JLN. SENTOSA LRG. NASIONAL 1 PLAJU KOTA PALEMBANG

SITI MUTAMIMAH, NIM. 612016023 (2020) PERANAN USTADZ / USTADZAH DALAM MEMBIMBING AKHLAK ANAK-ANAK DI TPA AL-HIDAYAH JLN. SENTOSA LRG. NASIONAL 1 PLAJU KOTA PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
612016023_BAB I_DAFTAR PUSTAKA..pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
612016023_BAB_II_SAMPAI_BAB_TERAKHIR..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (847kB)

Abstract

Pada zaman modern seperti saat ini banyak sekali orang tua yang mengharapkan keberhasilan Anak-anaknya, baik di bidang akademik maupun sosial sehingga terkadang tanpa sadar memberi tuntutan yang sedikit berlebihan dan jarang memberikan kasih sayang dan bimbingan serta perhatian akan sikap dan perilaku Anak dalam masa pertumbuhannya. Bahkan biasanya banyak orang tua yang kurang dalam mengajarkan syariat Islam terutama pembelajaran tentang Akhlak, sehingga tidak sedikit Anak-anak yang tumbuh besar dengan pintar tapi tidak berakhlak. Sungguh sanggat disayangkan, karena pada hakikatnya Akhlak adalah sebuah cerminan dari diri seseorang. Ia akan lebih dipandang dan dihormati apabila memiliki Akhlak yang baik lagi mulia, dan sudah pasti akan dianggap rendah dan tercela jika tidak ada Akhlak pada dirinya. Bahkan tidak menutup kemungkinan akan membuat orang-orang disekitarnya merasa tidak ataupun kurang nyaman berada didekatnya. Oleh sebab itu, hendaknya orang tua bisa mengajarkan Akhlak kepada Anak-anaknya. Dan jikalau pun orang tua tidak memiliki waktu untuk melakukannya, mereka bisa meminta atau mengarahkan Anaknya untuk mulai mempelajarinya di Taman Pendidikan Al-Qur’an serta memberikan dukungan dan kepercayaan kepada Ustadz dan Ustadzah yang ada untuk membimbing Akhlak pada Anaknya. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tentang bagaimana peranan Ustadz dan Ustadzah dalam membimbing Akhlak Anak-anak di TPA Al-Hidayah lrg. Nasional 1 Plaju kota palembang, apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam proses bimbingannya. Adapun metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peranan Ustadz dan Ustadzah dalam membimbing Akhlak Anak-anak di TPA Al-Hidayah lrg. Nasional 1 Plaju kota palembang sangatlah penting dengan beberapa metode yang digunakan yaitu dengan cara mengenalkan Akhlak pada Anak-anak, memberinya nasehat disaat salah, dan memberikan contoh Akhlak yang baik di kehidupan sehari-hari, serta memantau perkembangan Akhlak pada Anak-anak. Walaupun Ustadz dan Ustadzah sudah melakukan yang terbaik tetapi masih membutuhkan dukungan lainnya, diantaranya yaitu adanya motivasi dari keluarga sang Anak dan yang pasti adanya minat untuk mempelajari Akhlak dari sang Anak sendiri. Adapun hal-hal yang menghambat proses bimbingannya adalah pengaruh buruk dari teman dan lingkungannya, kurang sesuainya waktu yang digunakan selama bimbingan, dan kurangnya kesadaran Anak betapa pentingnya Akhlak Kata Kunci : Peranan, Ustadz/ Ustadzah, Akhlak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Helyadi, S.H., M.H. 2. Idmar Wijaya, S.Ag., M.Hum
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Peranan, Ustadz/ Ustadzah, Akhlak.
Subjects: Komunikasi Penyiaran Islam > Metode, media dan sarana dakwah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 11 Nov 2020 04:00
Last Modified: 11 Nov 2020 06:10
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/13525

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.